Atlet Xiangqi Asal Babel Ikut World Doubles Match Invitation 2017 di China

Master Iwan Setiawan atlet Xiangqi atau catur gajah asal Babel menjadi tamu pada kegiatan World Xiangqi Federation.

Atlet Xiangqi Asal Babel Ikut World Doubles Match Invitation 2017 di China
Istimewa
Iwan Setiawan

Laporan Wartawan Bangka Pos Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Iwan Setiawan atlet Xiangqi atau biasa disebut catur gajah asal Bangka Belitubf menjadi tamu pada kegiatan World Xiangqi Federation (WXF), Senin (28/8/2017).

"Buku panduan sudah ada, sudah siap semua, Alhamdulillah bendera tidak terbalik," candanya.

Pria kelahiran Belitung ini merupakan satu-satunya peserta asal Indonesia yang diundang mewakili Indonesia pada kejuaraan World Doubles Xiangqi Championship di Chengdu, China pada tanggal 1 hingga 6 September 2017 mendatang.

"Kejuaraan ini akan diikuti 32 peserta yang berasal dari 18 negara, memakai sistem ganda yang pasangannya nanti akan ditentukan pada undian dari 32 negara peserta," kata Iwan.

Iwan berharap berpasangan dengan yang kuat yaitu china. Karena menurutnya, ajang ini merupakan pemanasan atau tryout sebelum mengikuti kejuaraan dunia 15th World Xiangqi championship 2017 bulan November mendatang di Manila, Filipina.

"Besok berangkat ke China, main catur gajah lagi. Ini pemanasan karena resminya nanti di Manila bulan November mendatang. Ini perang bintang, karena yang hadir mantan juara dunia semua. Saya berharap bisa mengukir prestasi lagi untuk Indonesia khususnya Babel," kata Iwan.

(Istimewa)
(Istimewa)

Iwan sebelumnya pernah mengukir prestasi yang membanggakan, yakni berhasil meraih predikat juara dunia untuk cabang olahraga catur Xiangqi.

Ia tampil sebagai juara dunia pada turnamen catur yang digelar di negara China pada tanggal 23 Agustus hingga 3 September 2009 lalu.

Dalam pertandingan tersebut, Iwan sang master catur dunia itu berhasil menyisihkan 91 atlet catur dunia dari 28 negara yang berlaga dalam ajang The 11th World Xiangqi Championship di China.

Penulis: Evan
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved