Pengusaha Tak Mau Urusi Perizinan Akan Dipasangi Plang dan Diumumkan di Media Massa

Pemerintah Kabupaten Bangka saat ini sedang gencar mengejar sumber pendapatan asli daerah

Pengusaha Tak Mau Urusi Perizinan Akan Dipasangi Plang dan Diumumkan di Media Massa
Bangkapos.com/Nurhayati
Sekda Bangka Fery Insani 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah Kabupaten Bangka saat ini sedang gencar mengejar sumber pendapatan asli daerah (PAD) untuk mendapatkan dana guna membiayai pembangunan daerah.

Untuk itu Pemkab Bangka mengincar para pengusaha pemilik perkebunan, tambak, peternakan dan usaha lainnya agar mengurus perizinan.

Pasalnya banyak pemilik usaha yang belum mengurus perizinanan kepada Pemkab Bangka.

"Kami melakukan evaluasi dan inventarisasi terhadap usaha-usaha. Apa yang kita lakukan ini pembinaan berkaitan dengan pertama tentu mereka harus tertib izin dimulai dari izin lokasi, izin lingkungan, kalau dia perkebunan dia harus punya izin usaha perkebunan. Mereka juga status alas haknya HGU. Kami minta kepastian sehingga nanti Bangka ini biar tentram jangan nanti orang komplin masalah tanah ini. Kalau statusnya alas haknya oleh otoritas yang berwenang yakni BPN jika mereka sudah HGU berarti sudah selesai alas haknya," jelas Sekda Bangka H Fery Insani kepada bangkapos.com di Kantor Bupati Bangka, Senin (4/9/2917).

Menurutnya, dengan ada perizinan maupun sertifikat hak guna usaha maka keuntungan yang didapat oleh pemilik lahan itu sendiri agar aman berusaha tidak terjadi lagi komplin maupun sengketa lahan.

"Kami ini mengurus sengketa terus waktu kita tidak cukup lagi, kami tidak ingin ada masalah lagi. Sekarang orang berinovasi mencari sumber pendapatan, menata kota, memberdayakan masyarakat," kata Fery.

Untuk itu kepada pihak pengusaha yang nama-namanya sudah mereka kantongi memiliki perkebunan, tambak dan usaha lainnya yang belum memiliki perizinan baik IMB, izin lokasi, izin lingkungan, alas haknya belum bersertifikat dan perizinan lainya, maka minggu depan petugas dari Pemkab Bangka akan turun lengkap dari mulai satpol pp, perkebunan, KPPT, dan instansi terkait lainnya terjun langsung menemui pemilik usaha tersebut.

"Kami menanyakan mengapa mereka tidak mengurus izin. Kalau salahnya di kami akan
dijelaskan jangan izin itu berlama-lama di aparat pemda. Kita akan memanggil mereka, kita akan mengundang kita pertemukan antara pengusaha, badan pelayanan terpadu, dengan dinas lingkungan hidup dimana masalahnya," tegas Fery.

Demi melakukan penertiban perizinan ini, pihaknya meminta maaf kepada para pengusaha maupun pemilik usaha yang tidak patuh peraturan pemerintah ini, maka Pemkab Bangka akan memasang plang. Plang tersebut berisi pemberitahuan bahwa usaha di lokasi tersebut tak mengantongi izin.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved