Gratis, RSK Bakti Wara Buka Pendaftaran Operasi Bibir Sumbing dan Cacat Celah Langit-Langit Mulut

RSK Bhakti Wara Pangkalpinang membuka pendaftaran operasi gratis bibir sumbing dan celah langit-langit untuk penderita bayi

Gratis, RSK Bakti Wara Buka Pendaftaran Operasi Bibir Sumbing dan Cacat Celah Langit-Langit Mulut
bangkapos/dhina
Humas RSK Bhakti Wara, Mil La saat bertugas sebagai Wakil Ketua AIMI bersama Kader pengurus Posyandu Kenari Jalan Batintikal Taman Sari Pangkalpinang saat sosialisasi pekan ASI.

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- RSK Bhakti Wara Pangkalpinang membuka pendaftaran operasi gratis bibir sumbing dan celah langit-langit untuk penderita bayi yang akan dilaksanakan Jumat-Minggu (8-10 September 2017).

Beberapa syarat dan ketentuan calon pasien operasi bibir sumbing diperuntukkan bagi usia minimal 3 bulan dan berat badan diatas 5 kg.

Sementara operasi celah langit-langit diperuntukkan bagi bayi usia minimal 12 bulan. Calon pasien yang mendapat penanganan dua operasi ini diharuskan dalam kondisi umum sehat dengan melampirkan fotocopy KTP, KK dan akte kelahiran anak.

Humas RSK Bhakti Wara Pangkalpinang, Mil La mengatakan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit ini dalam rangka kegiatan bakti sosial RSK Bhakti Wara bersama Yayasan Bakti Indonesia, Smile Train dan Yayasan Mata Terang.

Kegiatan ini sebelumnya pernah dilaksanakan 2016 lalu dan ternyata banyak masyarakat Bangka yang berminat.

"Awalnya tahun lalu ditawarin ada dari Yayasan Bakti Indonesia dan Mata Terang. Kalau operasi katarak sudah jadi momen tiap tahun kita. Tahun lalu (2016) kita ingin memberi yang berbeda, persiapannya satu minggu bekerjasama dengan TNI kita bisa mengumpulkan 24 orang di tahun pertama. Ada yang ingin dioperasi tapi usianya belum cukup, jadi bisa dibilang kegiatan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit menyambung calon pasien yang kemarin operasinya tertunda," jelas Mil La kepada Bangka Pos, Rabu (6/9).

Di kegiatan operasi kedua sejak dibuka pendaftaran bulan lalu, kini calon pasien operasi bibir sumbing dan celah langit-langit sebanyak 39 orang telah terdaftar.

Tindakan operasi akan dilakukan oleh tiga orang dokter bedah. Secara prosedur, calon pasien akan diperiksa di laboratorium agar diperiksa sebelum mendapat tindakan operasi. Durasi waktu operasi tergantung kasus yang ditangani.

Bibir sumbing dan cacat pada celah langit-langit terjadi sejak pembentukan janin dalam kandungan semasa hamil.

Dinamakan sebagai cacat bawaan, berbagai faktor diduga mengakibatkan penyakit ini seperti faktor genetik, kurang gizi, polusi, konsumsi obat-obatan tertentu, alkohol, kekurangan asam folat dan ada penyakit infeksi saat awal kehamilan.

Cacat bibir sumbing membuat perbedaan tampak fisik yang tak normal dan tak biasa dipandang secara estetika. Sedangkan cacat celah langit-langit membuat konsonan suara menjadi sengau saat belajar bicara.

Bahkan apabila tergolong parah cacat bawaan ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan karena sulit mengolah makanan dan aspirasi (menghirup partikel kecil makanan atau tetes cairan) menuju paru-paru.

"Sampai saat ini pendaftaran calon pasien bibir sumbing dan celah langit-langit masih kita buka sampai tanggal 8 September 2017 pukul 07.00-08.00 WIB. Kami berharap di Bangka, penderita ganguan penyakit ini dapat terbantu, agar (setelah sembuh) lebih percaya diri dan memiliki senyum yang indah," ujar Mil La.

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved