Ibrahim: Wakil Rakyat Tidak Diwakilkan Dapilnya Sering Terjadi"

"Mereka yang ikut berkompetisi sangat mungkin adalah droping dari pusat atau daerah lain atau dengan kata lain sebagai

Ibrahim: Wakil Rakyat Tidak Diwakilkan Dapilnya Sering Terjadi
bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
DR Ibrahim S Fil, MSi DekanFisip UBB 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Nama Melda Addriani mencuat sebagai pengganti antar waktu (PAW) anggota DPR RI Dapil Babel yang sebelumnya ditempati oleh Alm.Azhar Romli.

Melda Addriani menempati suara terbanyak kedua sebesar 6.530.

Kabar Melda Addriani berpeluang mengisi jabatan kosong ini turut dibenarkan oleh Ketua Harian DPD Golkar, Efredi Effendi.

Sebabnya berdasarkan undang-undang PAW DPR RI Dapil Babel digantikan oleh peraih suara terbanyak kedua saat pemilihan DPR RI Dapil Bangka Belitung 2014 lalu.

Efredi pun tak banyak berkomentar tentang sosok Melda Addriani selain mengatakan bahwa ia adalah seorang pengusaha di Jakarta.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Bangka Belitung (UBB), Ibrahim berpendapat balada wakil rakyat tidak diwakilkan rakyat di daerah pemilihannya (dapil) nya secara administratif memang sering terjadi.

"Mereka yang ikut berkompetisi sangat mungkin adalah droping dari pusat atau daerah lain atau dengan kata lain sebagai delegasi parpol, bukan berasal dari daerahnya," tukas Ibrahim saat dihubungi Bangka Pos, Selasa (19/9).

Menurutnya dalam kondisi ini bisa saja jabatan tersebut tidak merepresentasikan daerah pemilihannya (dapil) secara administratif.

Namun sebenarnya bisa ditutupi dengan representasi secara substansi semisal bekerja secara optimal dan total untuk daerah yang diwakilkannya.

"Saya kira sejauh penggantinya mampu menjalankan asas representasi secara substantif, tidak ada masalah jika yang bersangkutan berasal dari luar daerah. Syaratnya adalah komunikasi dengan masyarakat harus bagus, rajin turun ke bawah, dan komitmen mengawal kepentingan daerah. Sejauh ini bisa dijalankan, maka kita ucapkan selamat datang kepada sang legislator baru,"tutupnya.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved