Sepeninggal Azhar Romli, Wakil DPR RI Asal Babel Harus Segera Diisi

Meski masih dalam suasana berduka, Partai Golkar harus segera memproses PAW Almarhum Azhar Romli.

Sepeninggal Azhar Romli, Wakil DPR RI Asal Babel Harus Segera Diisi
Facebook
Ibrahim Bintang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Meski masih dalam suasana berduka, Partai Golkar harus segera memproses PAW Almarhum Azhar Romli.

Secara normatif, pengisian ini penting untuk memastikan bahwa aspirasi masyarakat tidak terputus, utamanya pada konstituen Partai Golkar di akar rumput. 

"Secara politis, ada kebutuhan untuk tidak memberi jeda lama pada dimensi representasi politik," ujar Dosen Ilmu Politik UBB, Dr Ibrahim, Selasa (19/9/2017).

Meski proses ini bersifat internal, kata Ibrahim, namun publik harus mengawasinya supaya tetap berjalan secara demokratis.

Mekanisme penggantiannya harus mengacu pada ketentuan perundang-undangan. Urutan bawah harus naik dan jika berhalangan harus ditentukan prosesnya secara fair dan demokratis.

"Meski prosesnya lebih singkat, namun PAW akan sangat politis karena menyangkut pengisian posisi jabatan yang tidak memerlukan energi besar. Karena itu, pengisian posisi pengganti ini sudah dipagari oleh perangkat hukum sehingga tinggal mengikuti aturan itu," papar Ibrahim.

Menurut Pengamat Politik Bangka Belitung ini, Partai Golkar adalah partai yang mapan dan mekanisme didalamnya sudah bekerja.

PAW adalah kebutuhan organisasi dan prosesnya juga bisa dilakukan tanpa menimbulkan kegaduhan.

"Almarhum Azhar Romli adalah figur tokoh yang relatif populer dengan kontribusinya sangat banyak di tengah-tengah pembangunan daerah. Ia adalah tokoh politik yang berpengalaman panjang. Penggantinya kita harapkan dapat cepat beradaptasi dan mampu berkontribusi sama dengan almarhum," tukas Ibrahim. (*/doi)

Penulis: Dody
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved