Dekranasda Babel Akan Galakkan Program Branding Cual

Di Babel sudah ada pejuang batik motif Babel, pengrajin batik kesulitan mereka bahan baku, ini PR dan tantangan kita

Dekranasda Babel Akan Galakkan Program Branding Cual
Bangka Pos/Krisyanidayati
Ketua Dekranasda Babel, Melati Erzaldi. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Cual Asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dinilai Dewan Kerjakan Nasional (Dekranas) hampir punah dan perlu segera dilakukan upaya untuk menjaga dan melestarikannya.

Ketua Dekranasda Babel, Melati Erzaldi mengatakan Pihaknya akan mengembangkan program branding cual, dan hal ini akan didukung oleh kebijakan.

Program branding cual merupakan gerakan untuk mengenakan cual sebagai seragam.

"Bulan depan kami punya program branding cual, kegiatan melibatkan menggunakan cual, setiap sekolah, perusahaan swasta maupun pemerintah harus punya seragam cual, termasuk hotel, cafe, dan restoran untuk menampilkan atribut cual," ujarnya.

Selain itu, pihaknya akan berupaya untuk menjadikan muatan lokal menjadi kurikulum pembelajaran di tingkat SD dan SMP, sebagai upaya untuk melestarikan warisan budaya Babel.

"Insha Allah, kedepan cual ini akan menjadi pelajaran muatan lokal tingkat SD dan SMP, mohon dukungan dari kabupaten/kota, dan ini akan dikuatkan melalui kebijakan. Pengrajin-pengarjin ini harus didukung penuh," ujarnya.

Ibu dari tiga anak mengatakan, pengarajin batik dan cual Babel harus didukung penuh baik dari sisi produksi, dan pendaan agar semakin berkembang.

"Di Babel sudah ada pejuang batik motif Babel, pengrajin batik kesulitan mereka bahan baku, ini PR dan tantangan kita. Dalam kepengurusan ini kita melibatkan beberapa bank-bank dan kami berharap mendukung penuh para pengrajin," ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved