Dewan Kerajinan Nasional Sebut Cual Babel Terancam Punah

Ini menjadi PR dan tantangan buat kita, ternyata tenun cual kita hampir punah, tantangan kita jangan sampai

Dewan Kerajinan Nasional Sebut Cual Babel Terancam Punah
Bangka Pos/Krisyanidayati
Foto bersama Pengurus Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat Musyawarah Daerah Dekranasda di Sekretariat PKK, Rabu (20/9/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekrnasda) Provinsi Kepualuan Bangka Belitung, Melati Erzaldi membeberkan warisan budaya Babel tenun cual dinilai oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) hampir punah.

"Ini menjadi PR dan tantangan buat kita, ternyata tenun cual kita hampir punah, tantangan kita jangan sampai punah. Ini butuh siinegri dari kabupaten/kota di Babel," katanya dalam musyawarah daerah Dekrnasda Babel, Rabu (21/9/2017).

Menurutnya, peran Dekranasda harus bisa melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan warisan budaya Babel tidak hanya cual melainkan juga batik motif Babel.

Ia mengatakan Babel mendapat Panggung promosi bersama lima provinsi lain, untuk tampil mempromosikan cual Babel dalam rapat kerja nasional Dekranas di Jakarta.

"Kita harus menjaga agar tidak punah. Tahun ini kita mendapat panggung dalam dekranas, ada 6 provinsi dapat panggung untuk mempromosikan dan memperkenalkan warisan budaya kita, dan ini harus betul-betul kita manfaatkan," ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved