BPS Peringati Hari Statistik Nasional Dengan Berbagai Lomba

243 peserta Badan Pusat Statistik yang berada di seluruh kabupaten Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkumpul di Kantor BPS

BPS Peringati Hari Statistik Nasional Dengan Berbagai Lomba
IST
BPS Peringati Hari Statistik Nasional Dengan Berbagai Lomba 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sebanyak 243 peserta Badan Pusat Statistik yang berada di seluruh kabupaten Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkumpul di Kantor BPS Provinsi Babel Komplek perkantoran Gubernur Jalan Air Itam, Senin (25/9) dalam kegiatan perlombaan guna memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) yang dilaksanakan selama dua hari.

Hari Statistik Nasional (HSN) diperingati tepat 26 September. HSN bukan merupakan hari ulang tahun BPS namun hari diundangkannya UU No.7 Tahun 1960 tentang statistik sehingga Hari Statistik Nasional ini bukan hanya milik insan BPS tetapi milik seluruh warga Indonesia.

Ajang kumpul bersama dengan peserta BPS dari tujuh kabupaten ini berhasil terlaksana setelah terakhir dirayakan bersama pada 2012 lalu.

Tercatat peserta BPS Provinsi Kep. Bangka Belitung sebanyak 73 orang, BPS Kebupaten Bangka sebanyak 25 orang, BPS Kabupaten Belitung sebanyak 14 orang, BPS Kabupaten Bangka Barat sebanyak 31 orang, BPS Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 30 orang, BPS Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 22 orang, BPS Kabupaten Belitung Timur sebanyak 10 orang, BPS Kota Pangkpinang sebanyak 25 orang dan pensiunan sebanyak 13 orang.

Berbagai kegiatan perlombaan dilaksanakan selama dua hari seperti pertandingan bola volly, lomba menyanyi, lomba yel-yel, lomba tenis meja dan lomba merias wajah di laksanakan di gedung BPS Provinsi Babel.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kep Bangka Belitung, Darwis Sitorus mengatakan perayaan HSN selama dua hari ini sebagai momentum untuk menambah semangat peserta BPS di seluruh Babel dan meningkatkan kualitas komunikasi.

"Kita pakai momentum ini untuk berhenti sejenak, merenung sekaligus ada relaksasi dulu. Bekerja mengumpulkan data itu kan prosesnya panjang, maka kita ingin buat happy dan nyaman dulu," ujar Darwis Sitorus saat ditemui Bangka Pos.

Pasalnya di tahun sebelumnya, peringatan HSN selalu diisi dengan seminar. Namun tahun ini kegiatan perlombaan lebih banyak dilakukan.

"Kompetisi lewat perlombaan ini punya banyak manfaat artinya mendidik secara tidak langsung soal kejujuran dan keadilan. Harapannya kita jadi semangat karena tidak mudah berkumpul seperti ini. Persiapkannya sudah kita lakukan jauh hari dan pakai biaya sendiri-sendiri (BPS per Kabupaten)," jelasnya.

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved