Data Resmi dari BPS Menjadi Rujukan Pembangunan

Darwis Sitorus menegaskan bahwa BPS menjadi pelopor data berkualitas karena data resmi dari BPS menjadi rujukan pembangunan

Data Resmi dari BPS Menjadi Rujukan Pembangunan
IST
BPS Peringati Hari Statistik Nasional Dengan Berbagai Lomba 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Rangkaian peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) tahun ini mengusung tema "Kerja Bersama Dengan Data".

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Darwis Sitorus menjelaskan penentuan tema ini bukan tanpa alasan. Sebab dimasa pemerintahan presiden RI Joko Widodo data BPS menjadi rujukan.

Darwis Sitorus menegaskan bahwa BPS menjadi pelopor data berkualitas karena data resmi dari BPS menjadi rujukan pembangunan termasuk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Ini tantangan besar bagi BPS untuk meningkatkan kualitas data. Kita sangat didukung pemerintah daerah dan dekat dengan forum instansi vertikal namun kita tidak diintervensi. Kinerja pembangunan daerah diukur dengan data," ujar Darwis Sitorus kepada Bangka Pos.

Beberapa data yang disajikan BPS antara lain seperti pertumbuhan ekonomi makro, inflasi dan tingkat kemiskinan. Adapun tantangan BPS dalam menyediakan data yakni turut meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memberikan data yang sesungguhnya.

"Tantangan data yang berkualitas tak bisa satu pihak harus bersinergi. Bagaimana caranya agar responden kita paham statistik mainded, jujur menyampaikan data dan tidak jadi curiga dengan BPS,"harapnya.

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved