Babel Bakal Buka 3 SMK Baru Tahun Depan

Tahun depan kita buka SMK baru di Belitung dan Belitung Timur, sebenarnya ada berapa SMK itu bukan masalah tapi jurusannya

Babel Bakal Buka 3 SMK Baru Tahun Depan
Bangka Pos /Krisyanidayati
Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan mengunjungi siswa SMKN 2 Pangkalpinang yang praktek pembuatan baut, Rabu (27/9/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berencana akan membangun tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Babel tahun 2018 mendatang. 

SMK yang dibangun yakni SMK Keterbakatan Olahraga, Kriya Pariwisata, dan Pertanian.  Saat ini Babel baru memiliki 28 jurusan untuk SMK, sehingga diharapkan dengan dibukanya tiga sekolah ini akan menambah jurusan yang berbeda.

"Tahun depan kita buka SMK baru di Belitung dan Belitung Timur, sebenarnya ada berapa SMK itu bukan masalah tapi jurusannya itu yang harus banyak jadi keahlian anak SMK juga banyak," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat blusukan ke SMKN 2 Pangkalpinang,  Rabu (27/9).   

Menurut Erzaldi, membuka SMK baru juga harus mempertimbangkan beberapa hal seperti jurusan yang harus disesuaikan dengan potensi Babel sehingga dapat menyerap tenaga kerja. 

"Kita harus tau pasar tenaga kerja kita apa, potensi kita di Babel ini apa, bukan asal jurusan kalau buka SMK jurusannya yang lah ade sama bailah ini nambah pengangguran bukan mengurangi pengangguran," katanya. 

Ia mengatakan lulusan SMK juga harus dilihat outputnya, berapa persen keahlian dan penyerapan tenaga kerjanya. 

"Orangtua juga harus mengarahkan, anaknya ini bakat dan minatnya kemana, jangan asal masuk SMK, asal sekolah, siswa ini juga harus dapat arahan setelah mereka lulus," tegasnya. (*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved