Jumlah Debitur KUR di Babel Naik Cuma 3 Persen

KUR mikro untuk jenis pinjaman maksimal senilai Rp25 juta diberikan keringanan.

Jumlah Debitur KUR di Babel Naik Cuma 3 Persen
bangkapos/dhina
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bangka Belitung, Hasanudin bersama perwakilan perbankan di acara sosialisasi KUR di Soll Marina 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bangka Belitung, Hasanudin mengakui jumlah debitur KUR Bangka Belitung tak naik banyak dari tahun lalu yang hanya berkisar 3-5 persen dibanding 2017.

Dinas Koperasi dan UMKM Bangka Belitung mengklaim tahun ini periode Januari-September 2017 jumlah debitur sebanyak 13.836 orang yang tersebar di Bangka Belitung dengan jumlah penyaluran KUR sebesar Rp.397 miliar.

"Memang ada kelemahan, karena UMKM terutama mikro gak punya jaminan dan tak ada legalitas izin usaha," terang Hasanudin usai membuka sosialisasi kredit usaha rakyat.

Tak banyak komentar soal kondisi ini, melalui Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hasanudin berupaya agar kerap menghubungkan pihak perbankan, lembaga penjamin dan UMKM sebagai usaha mengejar target penyaluran kredit usaha rakyat yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Sempat ditegaskan Asisten Deputi Asuransi Penjamin Dan Pasar Modal Kementrian Koperasi dan UMKM, Willian H Passaribu yang mengatakan bahwa KUR mikro untuk jenis pinjaman maksimal senilai Rp.25 juta diberikan keringanan.

"Syaratnya agunan yang diberikan tidak dinotariatkan oleh bank. Jadi seandainya UMKM macet tidak serta merta bank klaim jual aset (UMKM)," jelasnya.

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved