Breaking News:

Video : Kriteria Duta Wisata Babel 2017 Harus Berwawasan Luas dan Disiplin

Ajang yang digelar tiap tahun oleh Kementrian Pariwisata ini akan mempraktekkan tes tertulis pada pemilihan

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Rasa grogi tampak menyelimuti dua dayang asal Tanjungpandan Belitung, Tasha Agriya Pasola (19) dan Elisa Agnes Gunadi (16) setiba di Pangkalpinang guna menjalani proses karantina, Rabu (18/10) di Bangka City Hotel.

Raut wajah kedua dara manis ini tampak ekspresif ketika menceritakan perasaannya saat bertemu dengan budang dayang dari enam kabupaten lain yang tak kalah cantik dan berwawasan luas.

"Pertama sih deg-degan tapi kita kan ada pesiapan dan pembekalan sehingga intinya kita memang harus kuat mental," ujar Tasha yang kini bekerja sebagai staff administrasi sekolah keluarga universal di Belitung.

Adapun dari pengalamanya, peserta pemilihan Duta Wisata 2017 Babel nomor 26 ini berpendapat komunikasi menjadi tantangan bagi Duta Wisata.

Sebabnya menyampaikan keunggulan pariwisata daerah tak cukup disampaikpan dengan cara biasa namun harus aktraktif dan edukatif agar informasi pariwisata terkesan menarik.

Sementara itu Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kelembagaan Pariwisata Disbudpar Babel, Widyastuti mengatakan proses pemilihan Duta Wisata Babel 2017 dirancang berbeda dibanding tahun lalu.

Ajang yang digelar tiap tahun oleh Kementrian Pariwisata ini akan mempraktekkan tes tertulis pada pemilihan Duta Wisata 2017 guna menguji pengetahuan umum para peserta.

Pasalnya usai Duta Wisata Babel 2017 terpilih maka selanjutnya Duta Wisata perwakilan Babel akan dikirim ke ajang Duta Wisata Nasional pada November mendatang.

"Duta Wisata tingkat nasional nanti akan mengetes juga pengetahuan umum kepariwisataan yang tengah viral,"terangnya.

Karantina peserta Duta Wisata Babel 2017 akan dilaksanakan selama tiga hari dan dinilai oleh empat orang juri diantaranya perwakilan Asosiasi Duta Wisata Indonesia, Disbudpar Babel, praktisi Bahasa Inggris dan psikolog.

Dikatakam Widyastuti, 14 pasang bujang dayang ini terdiri dari 28 peserta. Tiap kabupaten membawa dua pasang perwakilannya dari Juara 1 dan Runner Up bujang dayang tingkat kabupatan.

"Sejak hari pertama karantina kita sudah mulai penilaian. Final akan kita lakukan sabtu malam. Kriteria Duta Wisata Babel 2017 yang kita cari adalah yang disiplin, beretika, punya pengetahuan luas dan mampu berbahasa asing. Kalau cantik itu polesan lah ya,"jelas Widyastuti kepada Bangka Pos.

Diketahui Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 2015 lalu pernah menorehkan prestasi saat perwakilannya lolos menjadi Duta Wisata Nasional 2015 atas nama pasangan Anisa-Aleo.

Pemenang Duta Wisata akan bertugas selama satu tahun untuk mempromosikan kekayaan wisata Babel tingkat daerah dan mancanegara melalui media digital dan non digital. (*)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved