Ketua DPRD Babar Bingung Cari Kulat Pelawan

Saya mau beli, untuk dibawa ke Jakarta, untuk oleh-oleh kawan, jadi lah se ons saja kalau ada

Ketua DPRD Babar Bingung Cari Kulat Pelawan
bangkapos.com/Riyadi
Karmilah warga Dusun Tanjung Batu Desa Lumut Kecamatan Belinyu, siap mengemas kulat pelawan yang sudah kering, untuk diambil pemesannya. Foto Jumat (20/10). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua DPRD Bangka Barat Hendra Kurniady, Sabtu (21/10) kemarin, juga sempat bertanya dan terus mencari dimana ada jual kulat pelawan.

"Saya mau beli, untuk dibawa ke Jakarta, untuk oleh-oleh kawan, jadi lah se ons saja kalau ada," ujar Hendra kepada bangkapos.com, Minggu (22/10).

Dikatakan Hendra, kulat pelawan yang akan di bawa ke Jakarta, bukan sekedar untuk oleh-oleh, tapi akan dijadikan sample penelitian.

Baca: Orang Berduit Saja yang Bisa Menikmati Kulat Pelawan

Baca: Kulat Pelawan Jadi Barang Langka, Warga Tetap Memburunya

Kalau kulat lainnya bisa dibudidayakan, sekarang kulat pelawan juga harus diteliti, siapa tahu nanti bisa dibudidayakan.

"Kulat pelawan ini kulat khas Pulau Bangka, kulat khas daerah kita dan sudah populer, tapi belum ada penelitian secara khusus. Ini saya terus komunikasi dengan ahli yang membidangi hal itu, untuk saya ajak melakukan penelitian, maka kita bawa sample itu ke Jakarta, ke ahli tadi," kata Hendra.

Kulat (jamur) pelawan
Kulat (jamur) pelawan ()

Jika bisa dibudidaya menggunakan media dan teknologi seperti halnya jamur-jamur yang lain, maka tidak mustahil untuk dilakukan.

Kulat sisik Rp 300 ribu

Kulat sisik juga diantara kulat yang banyak bisa ditemukan di Pulau Bangka.
Kulat jenis ini, sekarang juga sedang musim.

Karmilah, warga Dusun Tanjung Batu Desa Lumut Kecamatan Belinyu, juga mencari dan menjual kulat sisik.

"Kalau kulat sisik sekarang banyak, lagi musim. Banyak yang jual di pinggir-pinggir jalan seperti di Cangkum Riding Panjang, saya jual juga tapi harganya sekitar Rp 300 ribu sekilo, kulat pelawan saya hanya punya sedikit, tapi tidak saya jual lagi, mau saya simpan, rencana untuk lebaran nanti," ujar Karmilah.

Penulis: riyadi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved