Astrada Bangka Dukung Hadirnya IPR

"Ini untuk kesejahteraan bersama. Bupati lain di Babel, kalau bisa tolong segera berkoordinasi untuk penerapan IPR ini di daerahnya

Astrada Bangka Dukung Hadirnya IPR
Bangkapos/Feri Laskary
Ketua Astrada, Yanto alias Acun 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Kebijakan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan untuk menerbitkan Ijin Pertambangan Rakyat (IPR) mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan, termasuk Asosiasi Tambang Rakyat Daerah (Astrada) Kabupaten Bangka.

"Ternyata benar seperti apa yang disampaikan Ketua Umum kami, Bapak Zuristyo, bahwa Pak Gub (Gubernur Babel) pro kepada penambang yang berlegalitas," kata Ketua Astrada Bangka, Yanto alias Acun kepada Bangka Pos Group, Selasa (24/10/2017) malam.

Keberadaan IPR menurutnya penting sebagai jaminan keberlangsungan pertambangan yang aman dan nyaman.

Makanya Astrada meminta kepada para bupati di Babel, untuk segera menerapkan kebijakan IPR seperti di Bangka Barat.

"Ini untuk kesejahteraan bersama. Bupati lain di Babel, kalau bisa tolong segera berkoordinasi untuk penerapan IPR ini di daerahnya," ujar Acun.

Skema IPR kata Acun, memberikan satu hektar lahan tambang untuk dikelola perseorangan, lima hektar untuk kelompok, dan sepuluh hektar untuk koperasi.

Adanya IPR menjamin kepastisn hukum kepada masyarakat penambang yang selama ini diliputi perasaan was-was.

"Dengan adanya IPR, diharapkan dapat menjamin rasa aman dan juga menjamin adanya reklamasi pasca tambang melalui jaminan reklamasi yang disetor perusahaan yang menjadi bapak angkat para penambang," katanya.(*)

Penulis: ferylaskari
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved