Gubernur Babel Berharap Hidup Penambang Kecil Naik Kelas

Erzaldi mengatakan, peraturan ini dibuat agar masyarakat bisa menikmati hasil buminya sendiri.

Gubernur Babel Berharap Hidup Penambang Kecil Naik Kelas
bangkapos.com/dok
Sosialisasi Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Kapolda Brigjen Pol Syaiful Zachri , Bupati Bangka Barat H Parhan Ali, Kapolres AKBP Hendro Kusmayadi menghadiri sosialisasi dan penyerahan Izin Pertambangan Rakyat (IPR) di lapangan bola kantor Camat Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Senin (23/10/2017) siang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Pemberian Wilayah Izin Usaha Pertambangan Mineral Bukan Logam dan Batuan, berharap ada peningkatan kesejahteraan terhadap penambang kecil di Bangka Belitung.

Erzaldi mengatakan, peraturan ini dibuat agar masyarakat bisa menikmati hasil buminya sendiri.

Para penambang yang dikenakan wajib pajak tersebut nantinya akan menjadi anggota Koperasi Desa. Lembaga ini yang akan menjalin kerjasama dengan koperasi di atas tingkat desa untuk bersama membangun waralaba modern di desanya masing-masing.

"Saya minta setiap desa ada koperasinya dan ada simpanan wajib koperasinya, koperasinya saya minta nantinya untuk mendirikan desa mart semacam waralaba yang dikelola warga sendiri yang notabenenya adalah penambang pemilik IPR,” ucap Mantan Bupati Bangka Tengah dua periode ini.

Progam waralaba modern yang dibuat merupakan salah satu tindakan preventif pemerintah provinsi untuk mengantisipasi hilangnya pendapatan rakyat ketika lahan tambang sudah habis. Program Erzaldi ini disambut masyarakat umum terutama penambang kecil.

Salah satu penambang dari Desa Rukam, Samsir (40) yang menyambut penerbitan pergub ini. Menurutnya, dengan adanya pergub ini penambangan liar bisa diantisipasi. Terlebih ini bisa mendongkrak perekonomian masyrakat Babel yang bergantung dari tambang.

"Alhamdulillah semenjak adanya perizinan IPR pada pemerintahan pak Erzaldi ini membuat kerja kami ke depan tidak merasa was-was lagi. Mudah-mudahan teman-teman kami bisa dapat izin sepeti kami. Dengan kebijakan ini kami merasa gembira dan lebih aman bisa memperbaiki ekonomi kami yang selama ini agak kesulitan,” ungkapnya. (*)

Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved