Breaking News:

KNPI Babel Sebar Terumbu Karang Berbentuk Rumah Adat di Perairan Pulau Ketawai

KNPI Provinsi Bangka Belitung membuktikan komitmennya untuk mendukung program pemerintah dengan menyebarkan terumbu karang buatan

Editor: fitriadi
Istimewa
Pengurus KNPI Bangka Belitung menebar terumbu karang berbentuk rumah adat di perairan Pulau Ketawai, Bangka Tengah. 

PANGKALPINANG, BANGKA POS - KNPI Provinsi Bangka Belitung membuktikan komitmennya untuk mendukung program pemerintah dengan menyebarkan terumbu karang buatan di perairan Pulau Ketawai, Bangka Tengah, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10).

Terumbu karang buatannya itu dimodifikasi menyerupai Rumah Adat Babel terbuat dari cor beton, terdiri dari rangka kubus 50 buah, plat beton untuk atap rumahnya 11 keping hingga total bobot sekitar 8 ton.

Ketua KNPI Babel Muhammad Irham mengatakan kegiatan penyebaran terumbu karang buatan merupakan rangkaian peringatan ke-89 Hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan ini dilaksanakan pengurus KNPI Babel periode 2017-2020 yang baru dilantik oleh Sekjen DPP KNPI Siradjudin Abdul Wahab di Pangkalpinang pada Rabu (25/10).

Menurut Irham, sebelum Hari Sumpah Pemuda, Tim KNPI Babel dan Club Selam PDC dan Infinity sudah melakukan penyusunan sejak 24 - 26 Oktober 2017.

Bersama Komandan Lanal, Basarnas, Gubernur Babel diwakili Kadispora Kamis (26/10) menenggelamkan secara simbolis di perairan Ke­tawai kemudian menyelam melihat hasil yang sudah disusun berbentuk rumah adat Babel.

“Terumbu karang buatan ini diharapkan selain menjadi rumah bagi ikan dan hewan laut lainnya, juga menjadi spot wisata bagi para penyelem (diver) dan penyuka snorkling (snorkler). Ke depan kita akan buat terumbu karang buatan yang sebarannya lebih luas, dengan bentuk beraneka ragam, untuk mendukung program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, sekaligus program pariwisata,” harap Irham.

Irham menegaskan bahwa kegiatan penyebaran terumbu karang merupakan bentuk dukungan program pemerintah mengembangkan potensi perikanan dan kelautan serta pariwisata.

“Ini komitmen kita untuk mendukungan prog­ram pemerintah. Kita akan tetap menjadi garda terdepan membantu pemerintah melaksanakan visi dan misi untuk kesejahteraan mas­yarakat Bangka Belitung,” tegas Irham.

Dukungan TNI AL

Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung ikut mendukung kegiatan KNPI Babel melaksanakan karya bakti transplantasi terumbu karang. Komandan Lanal (Danlanal) Bangka Belitung Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto, S.E, meninjau langsung terumbu karang deng­an menyelam yang sudah disusun.

Ia berharap transplantasi terumbu karang maka biota laut yang ada di Pulau Ketawai bisa terjaga kelestariannya dan bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Semoga kegiatan ini menjadi motivasi untuk semakin banyak disebarkan terumbu karang buatan,” harap Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto.

Kegiatan penyebaran terumbu karang terlaksana dengan dukungan dari PT Timah Tbk, Pemerintah Provinsi Babel,TNI AL, PT Atd Makmur Mandiri, W1ns group, Pinguin Diving Club, Infinity Diving Club.

Kegiatan penyebaran terumbu karang buatan ini dikoordinir M. Rizza Muftiadhi, M. Si lulusan biologi kelautan ITB yang memang konsen dibidang terumbu karang. (adv/respi)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved