Breaking News:

Jadikan Batu Betumpang Daerah Wisata, Usaha Masyarakat dan Adat Jadi Pendukung

Desa Batu Betumpang Bangka Selatan kini mulai berbenah semenjak ditunjuk menjadi salah satu desa pariwisata.

Istimewa

BANGKAPOS.COM, PULAU BESAR -- Desa Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar Bangka Selatan kini mulai berbenah semenjak ditunjuk menjadi salah satu desa pariwisata.

Mulai dari wisata alam seperti pantai, hasil kerajinan dan usaha masyarakat, kebun buah-buahan hingga adat akan menjadi daya tarik/ Uniknya di desa ini terdapat mercusuar di zaman penjajahan Belanda yang berada kurang lebih 100 meter dari desa.

Artinya wilayah ini berada di pulau yang dikelilingi pohon dan rumah penjaganya, tapi terbuka untuk umum.

Pj Kades setempat Ruslan menyebutkan, ikon mercusur ini merupakan salah satu daya tarik wisata di desanya, selain itu pihaknya akan mengembangkan tempat-tempat lainnya.

"Kami sudah mulai merintis ini, seperti gazebo tempat istirahat di pantai telah dibangun, pentas pertunjukan, jalan menuju pantai juga sudah diperlebar, tapi memang masih banyak yang harus dibenah," terangnya.

Sebagai desa wisata, Ruslan menyebutkan pihaknya perlu dukungan dari berbagai pihak. Misalnya saat ini desanya belum memiliki pasar kecamatan, bank serta tempat pembayaran resmi.

"Kendala masyarakat harus bertransaksi ke kecamatan tetangga, padahal Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar. Jadi perputaran ekonomi di kecamatan ini sangat sedikit," sebutnya.

Dia melanjutkan, berkat dana desa yang disalurkan pemerintah, desanya sudah mulai berkembang baik dari pembangunan dan pemberdayaan. Misalnya tahun lalu desanya telah melakukan pembangunan seperti gedung serbaguna, masjid, mushallah, fasilitas pendidikan, jalan baru, hingga pelatihan untuk PKK.

Tahun ini pun rehab kantor desa, BPD, parkir masjid, pintu gerbang masuk pantai, tempat singgah pantai, ruang kesenian, gedung serba guna dan lain-lain.

"Alhamdulillah semua kegiatan tepat sasaran, seperti yang telah direncanakan bersama masyarakat. Dana desa sangat membantu desa," ucapnya.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved