Inspektorat Cek Aduan Dugaan Pungli Sebelum Ditindak Polda

Banyak aduan tapi ada yang gak terbukti, maka kita lihat kasus per kasus. Lihat dari prosesnya dulu. Kalau di dinas pemerintah

Inspektorat Cek Aduan Dugaan Pungli Sebelum Ditindak Polda
Bangka Pos/ Ardhina Trisila Sakti
Kepala Inspektorat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekaligus Wakil Ketua Pelaksana Harian Tim Satgas Saber Pungli, Yulizar Adnan 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

 BANGKAPOS.COM, BANGKA- Kepala Inspektorat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekaligus Wakil Ketua Pelaksana Harian Tim Satgas Saber Pungli, Yulizar Adnan menjelaskan semua laporan dugaan pungutan liar (pungli) di lingkungan dinas provinsi Babel tak langsung ditindak oleh Polda Babel.

Adapun terdapat mekanisme dari Inspektorat sebagai pengawas internal untuk melakukan verifikasi.

"Banyak aduan tapi ada yang gak terbukti, maka kita lihat kasus per kasus. Lihat dari prosesnya dulu. Kalau di dinas pemerintah daerah sebagai anggota saber pungli kita memforwardkan aduan itu ke dinas terkait untuk kita cek (internal) apakah ada indikasi. Kalau terbukti baru kita laporkan kepada tim saber pungli di Polda Babel," jelas Yulizar Adnan kepada Bangka Pos, Kamis (9/11).

Menurutnya seperti yang disampaikan Presiden RI, Joko Widodo dalam tayangkan "Sosialisasi Unit Pemberantasan Pungli" bahwa pungutan lihat bila dilihat termasuk dalam tindak pidana.

"Seperti dalam penjelasan Pak Jokowi berapa pun akan diproses apalagi bentuknya operasi tangkap tangan (OTT). Sebenarnya aparatur negara sekarang gak zamannya lagi pungli karena sekarang era keterbukaan," tambahnya.

Zaman keterbukaan yang dimaksud Yulizar seperti keterbukaan informasi dan teknologi yang dapat diakses oleh masyarakat jserta ada pengawasan dari Ombudsman.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved