BKD Pangkalpinang: "Honorer Tidak Langsung Diangkat CPNS"

Diketahui pengangkatan tenaga honorer terakhir kategori dua (K2) menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pernah dilakukan pada 2014

BKD Pangkalpinang:
Bangka Pos/ Ardhina Trisila Sakti
Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (SDMDl Pemerintah Kota Pangkalpinang Rusman 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (SDMD) Pemerintah Kota Pangkalpinang Rusman mengatakan penerimaan guru ASN akan dilakukan melalui formasi umum.

Dijelaskan Rusman peraturan pemerintah nomor 48 tahun 2005 diubah dengan peraturan nomor 43 tahun 2007 dan perubahan terakhir dengan peraturan pemerintah nomor 56 tahun 2012 menegaskan semua pejabat pembina kepegawaian dan pejabat lain di lingkungan instansi dilarang mengangkat tenaga honorer atau sejenis kecuali ditetapkan dengan peraturan pemerintah.

Diketahui pengangkatan tenaga honorer terakhir kategori dua (K2) menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pernah dilakukan pada 2014 lalu.

"Formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) melalui formasi umum tidak lagi ada honorer yang langsung diangkat menjadi CPNS. Siapa saja bisa mendaftar penerimaan CPNS dengan kualifikasi S1 Pendidikan dan harus memiliki sertifikat pendidik yang diperoleh melalui pendidikan profesi," jelas Rusman saat ditemui Bangka Pos di kantor BKP Pangkalpinang, Selasa (13/11).

Adapun berdasarkan PP 11 Tahun 2017 seleksi pertama dilakukan melalui kompetensi dasar menggunakan computer assisted test (CAT) dan tes kompetensi pada masing-masing bidang sesuai jabatan yang dilamar.

Namun ia menegaskan adapun mekanisme penerimaan CPNS yang dijelaskannya merupakan mekanisme penerimaan tahun lalu.

Hingga kini belum diketahui sistem penerimaan CPNS terbaru melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)

"Direncanakan perimaan CPNS formasi umum akan dibuka tahun 2018. Ini berdasarkan pemberitaan (disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur), "ujar Rusman sembari menunjukkan sebuah berita online yang beredar di kalangannya.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved