Ahok Sebut Daerah Langganan Banjir Bakal Dapat Prioritas Anggaran

Provinsi bisa membantu anggaran untuk penanggulangan banjir dalam bentuk dana kepada kota maupun kabupaten. Hanya saja

Ahok Sebut Daerah Langganan Banjir Bakal Dapat Prioritas Anggaran
ist
Hendriansen atau Ahok anggota DPRD Babel asal Pangkalpinang, Selasa (21/11/2017) ketika memantau kawasan aliran saingan Kampung Bintang usai hujan lebat 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Permasalahan banjir masih menjadi masalah krusial di Pangkalpinang, karenanya anggaran penanggulangan bencana banjir akan menjadi prioritas untuk Pangkalpinang.

Daerah yang akan mendapat prioritas daerah langganan banjir seperti Kampung Bintang, Jalan A Yani, dan Kelurahan Rawabangun.

Daerah ini kerap tergenang ketika hujan lebat mengguyur Pangkalpinang hingga menyebabkan banjir.

"Provinsi bisa membantu anggaran untuk penanggulangan banjir dalam bentuk dana kepada kota maupun kabupaten. Hanya saja anggaran yang sifatnya permanen khusus pencegahan banjir di titik yang rawan itu belum ada," kata Hendriansen atau Ahok anggota DPRD Babel asal Pangkalpinang, Selasa (21/11/2017) ketika memantau kawasan aliran air Kampung Bintang usai hujan lebat.

Anggota dewan asal PDI Perjuangan ini menegaskan jika pemerintah provinsi tidak lepas tangan untuk membantu kabupaten/kota yang kerap daerahnya diterjang banjir.

"Anggaran dana tahun 2018 dalam pembahasan kita perjuangkan dana untuk penanggulangan banjir di semua kabupaten dan kota di Babel ini. Pemerintah daerah juga agar mengupayakan anggaran penanggulangan banjir di daerah masing-masing," ujar Ahok.

Selain daba, Ahok juga menyarankan agar pemerintah provinsi melalui dinas atau badan terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau Dinas Pekerjaan Umum mengusulkan anggaran penanggulangan banjir untuk di swakelola.

"Kalau ada di dinas terkait bisa langsung digunakan untuk penanggulangan pada titik titik rawan banjir yang sudah teridentifikasi. Jadi tidak harus menunggu dana darurat atau daba saja," kata Ahok.

Terhadap upaya pemerintah Kota Pangkalpinang dalam hal penanggulangan banjir seperti memperbaiki saluran drainase, pengerukan daerah aliran sungai menurut Ahok sudah lumayan, namun harus terus didukung agar persoalan banjir kurun dua tahun terakhir yang makin parah dapat diminimalisir.(*)

Penulis: Hendra
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved