Rajik Kembangkan Potensi Wisata Lokal

Desa Rajik merupakan salah satu desa di Bangka Selatan yang memiliki potensi yang selama ini belum terkelola dengan baik.

Rajik Kembangkan Potensi Wisata Lokal
Istimewa
Kades dan perangkat Desa Rajik 

SIMPANG RIMBA, BANGKA POS - Desa Rajik Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan merupakan salah satu desa yang memiliki potensi yang selama ini belum terkelola dengan baik.

Seperti potensi pariwisata lokal, desa ini berbatasan langsung dengan laut yang dikelilingi batu-batu granit, bukit ditumbuhi hutan lebat alami hingga makanan dan kerajinan masyarakatnya.

Pemerintah desa setempat kini sudah mulai membuka akses untuk wisata lokal ini. Melalui karang taruna dan masyarakat mereka aktif bergotong royong.

Kades Rajik Jupri mengatakan, ada beberapa destinasi wisata di desanya yang akan dikembangkan, yaitu Pantai dan Batu Kik Antak (batu yang berbentuk topi).

Kedua tempat ini sudah cukup terkenal di lingkungan masyarakat sekitar, pantai misalnya, sekarang sudah ada tempat singgah dan akses jalan sudah cukup baik.

“Kedepan sektor pariwisata akan menjadi prioritas kami disamping sektor-sektor lainnya, seperti pembangunan dan juga pemberdayaan. Karena sesuai dengan peraturan yang ada, kamipun menyesuaikan,” tutur bapak dua anak ini.

Dia mengatakan, hingga kini pembangunan dan pemberdayaan di desanya berjalan dengan baik, terutama adanya bantuan dana desa.

Bidang pembangunan misalnya, hampir 90 persen kegiatan yang telah direncanakan terealisasi.

Untuk pemberdayaan meliputi bantuan kepada siswa berprestasi dan kurang mampu, kesehatan dan kesejahteraan, lansia, anak yatim piatu, teknologi tepat guna, pembinaan pemuda dan olahraga serta pelatihan kelompok tani.

“Tahun 2016-2017 pembangunan meliputi sumur bor desa di empat titik, siring desa, gedung Paud, gedung posyandu, poskamling, jalan akses puru pemukiman yang mana sekarang masyarakat telah merasakan manfaat infrastruktur yang ada. Nah di tahun selanjutnya kami menyesuaikan artinya berkelanjutan dari apa yang telah ada dan diusulkan sebelumnya,” sebut kades yang sudah dua tahun menjabat.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved