Pemilihan Ketua RT di Kelurahan Kelapa Unik dan Berbeda

Pingin tahu sistem pemilihan Ketua RT se Kelurahan Kelapa di Kecamatan Kelapa?

bangkapos.com/Riyadi
Rapat Pemantapan Pemilihan Ketua RT di 18 RT di Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa, Rabu (22/11). Rapat tersebut, juga menghadirkan calon ketua RT. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pingin tahu sistem pemilihan Ketua RT se Kelurahan Kelapa di Kecamatan Kelapa?

Pemilihan ketua RT di 18 RT di Kelurahan Kelapa, akan berlangsung Jumat (24/11).
Sistem pemilihannya, cukup berbeda dan unik, bukan dengan sistem pemilihan pada umumnya seperti pilpre, pileg atau pemilihan ketua suatu organisasi.

Panitia Pemilihan Ketua RT se Kelurahan Kelapa Aminudin mengatakan, sistem yang digunakan yakni dengan cara door to door. Panitia atau petugas pemilihan, akan mendatangi setiap rumah pemilih yang ada setiap RT, di hari Jumat (24/11) pagi sampai pukul 4 sore.

"Kalau rumah yang kita datangi nanti ternyata orangnya kosong, rumah itu sedang kosong, maka petugas akan mengulangi atau mendatangi rumah itu, jadi nyoblosnya atau nyotengnya nanti di rumah masing-masing, kami yang datang langsung," ujar Aminudin saat acara pemantapan agenda pemilihan ketua RT se Kelurahan Kelapa di Kantor Kelurahan setempat, Rabu (22/11).

Aminudin mengungkapkan alasannya, kenapa menggunakan sistem door to door, tidak menggunakan sistem yang praktis, langsung, umum, bebas dan rahasia (luber) sehingga berlangsung transparan dan demokratis, dengan pelaksanaan di masjid, musholla atau di tempat terbuka lainnya.

Pengalaman selama ini, pemilihan ketua RT, ketika dilaksanakan secara terbuka dengan sistem tersebut, orang atau warga banyak tidak hadir memilih.

"Maka dalam musyawarah di kepanitiaan kemarin, yang melibatlan unsur dari kelurahan, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, LPM, Kaling, RW dan RT yang tidak mencalonkan diri lagi, diambil kesepakatan, bahwa pemilihannya nanti dengan sistem door too door," jelas Aminudin.

Lurah Kelapa Hayati mengatakan, sistem pemilihan ketua RT di Kelurahan Kelapa ini, menggunakan sistem door to door, agar semua KK dan ber KTP Kelurahan Kelapa semua bisa menggunakan hak suaranya.

"Untuk para calon ketua RT, kami ingatkan jangan main money politic, bagi yang terpilih nanti komunikasinya seperti biasa, saatnya diundang rapat ya datang ikut rapat, ada gotong royong ya ikut terlibat, jangan hanya mau menerima gaji saja," kata Hayati.

Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved