Kelompok Nelayan Ini Minta Aktifitas Smelter RBT Dihentikan

Sejumlah perwakilan nelayan Lingkungan Paritpekir Sungailiat Bangka menggelar acara konferensi pers di Warkop Qite Sungailiat

Kelompok Nelayan Ini Minta Aktifitas Smelter RBT Dihentikan
bangkapos.com/Fery Laskari
Konprensi Pers Perwakilan Nelayan Paritpekir dan sekitarnya di Warkop Qite Sungailiat, Jum'at (24/11/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sejumlah perwakilan nelayan Lingkungan Paritpekir Sungailiat Bangka menggelar acara konferensi pers di Warkop Qite Sungailiat, Jum'at (24/11/2017) petang.

Pertemuan mereka dengan para awak media guna mencurahkan keluhan terkait aksi protes yang baru saja mereka lakukan di Pabrik Peleburan Timah (Smelter) PT RBT Sungailiat, beberapa jam sebelumnya.

Baca: PT RBT Pastikan Tak Ada Polusi Udara Lagi

Oman, Nelayan asal Paritpekir Sungailiat kepada sejumlah wartawan,Jum'at (24/11/2017) mengaku mengultimatum PT RBT tutup sementara waktu jika tidak mengindahkan aspirasi nelayan.

"Kita imbau ditutup sementara aktifitas RBT. Karena sudah berapa kali kita ingatkan. Beberapa waktu lalu aktifitas nelayan terganggu. Ketika itu ada nelayan ngecat perahu di pelabuhan tiba-tiba asap RBT keluar dan asap disertai debu menempel di perahu yang baru saja dicat," keluh Oman.

Namun nelayan setempat katanya, masih berusaha menahan diri memberikan toleransi. Nelayan tak mau gegabah karena limbah tersebut. Hingga akhirnya unek-unek nelayan tak terbendung lagi, nelayan spontanitas mendatangi peleburan timah yang dimaksud, Jum'at (24/1/2017) siang.

"Selama sekian tahun RBT beroperasi, kami menghirup udara yang tidak segar. Secara tidak langsung dampak kesehatan kami terganggu," kata Oman.

Diakui Oman, saat aksi protes mereka lakukan di Smelter RBT, Jum'at (24/1/2017) siang, pihak perusahan telah memberikan penjelasan. Namun jawaban tersebut tak memuaskan nelayan yang datang.

"Memang benar saat pertemuan tadi pihak RBT bilang bahwa mereka sudah berusaha mengolah asap. Namun hasilnya belum maksimal menurut kami," katanya.

Halaman
1234
Penulis: ferylaskari
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved