Lebih Kejam Dari CIA, Inilah KGB Dinas Rahasia Rusia Sekaligus Kawah Candradimuka Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin merupakan salah seorang anggota KGB di era komunis Rusia yang pernah mendapat pelatihan sangat keras

Lebih Kejam Dari CIA, Inilah KGB Dinas Rahasia Rusia Sekaligus Kawah Candradimuka Putin
Espionage History Archieve
Vladimir Putin sebagai agen KGB di Jerman Timur 

BANGKAPOS.COM--Dari sejarahnya, cikal bakal dinas rahasia Rusia Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) yang dalam perkembanganya merupakan organisasi paling mematikan di era komunis Uni Soviet (Rusia), sudah ada sejak 1917.

KGB yang saat itu bernama Tsjeka didirikan dan diketuai oleh tokoh asal Belarus, Felix Dzerzhinsky.

Lembaga yang terdiri dari orang-orang bersenjata berkekuatan 31.000 personel itu difungsikan untuk melawan kekusaan kaum Bolsyevik yang dipimpin Lenin.

Saat meletus Perang Saudara Rusia yang dimenangi kaum Bolsyevik, Tsjeka banyak manfaatnya untuk melancarkan aksi kekerasan secara rahasia.

Baca: Mengintip CRAS, Sekolahnya Para Wartawan Perang yang Intrukturnya Mantan Pasukan Komando

Cara kerjanya adalah tetap memanfaatkan teknik Tsjeka sebagai kelompok bersenjata dengan mendirikan dinas polisi rahasia (GPO)

Tsjeka juga menjadi bagian dari Komisariat Rakyat Dalam Negeri, (NVKD), sehingga mempunyai kedudukan cukup berwibawa.

Felik yang secara terang-terangan mengancam Lenin karena terbukti telah memanfaatkan cara kerja Tsjeka, kemudian meninggal secara misterius.

Saat kekuasaan Lenin makin besar dan absolut, dinas rahasia GPO dan NVKD menjadi mesin pembunuh yang efektif bagi lawan-lawan politik Lenin atau siapapun yang berani bersebrangan dengan kebijakan Lenin.

Selama aksi pembersihan terhadap lawan-lawan politik Lenin setidaknya 50 juta Rusia telah tewas. Korban tewas ini setara dengan korban tewas selama PD II.

Halaman
1234
Editor: tidakada016
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved