Darurat! Talud Rusak Parah, Warga Sebagin Khawatir

Kondisi dinding talud di Desa Sebagin, Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan dikeluhkan oleh warga setempat

Darurat! Talud Rusak Parah, Warga Sebagin Khawatir
ist
Kondisi dinding talud di Dekat jalan Raya Desa Sebagin dan pemukiman warga yang terlihat rusak parah akibat terkikis oleh gelombang pasang laut, foto diambil, Selasa (5/12/2017) 

Laporan Wartawan Bangka pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kondisi dinding talud di Desa Sebagin, Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan dikeluhkan oleh warga setempat. Hal tersebut diakibatkan oleh cuaca buruk belakangan ini yang membuat gelombang besar di bibir pantai mengkikis dinding talud dekat jalan dan pemukiman warga Desa Sebagin.

Moris, warga setempat menjelaskan bahwa kondisi talud di Desa Sebagin sangat darurat karena sudah lima tahun ke belakang kondisinya memprihatinkan, akibatnya bila dibiarkan akan berdampak pada rusaknya badan jalan yang dekat dengan bibir pantai tersebut.

"Desa Sebagin darurat abrasi akibat cuaca buruk dan talud pantai yang sudah hancur, tinggal dua meter lagi akses jalan akan segera putus," kata Moris kepada wartawan, Selasa (5/11/2017)

Moris juga menjelaskan bahwa dirinya dan warga lainya mewanti wanti dengan kondisi itu bisa saja mengakibatkan putuskan akses jalan raya mereka.

"Tinggal sedikit lagi, kalau ada hujan deras disertai gelombang tinggi bisa saja abrasi itu semakin mengkikis tanah di pinggir pantai dan memutuskan jalan, karena itu juga jalan menuju kantor milik PLTN yang ada di Desa Sebagin," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa upaya pihak desa dan pemuda Karang Taruna telah dilakukan seperti meletakkan karung berisi pasir di dekat lokasi abrasi namun menurutnya tidak berdampak dan mengubah kondisi.

"Sekarang masih ada satu pohon yang menahannya, mungkin bila pohon itu tumbang akan terkikisnya tanah, kita saat ini mewanti wanti apabila ada hujan besar disertai gelombang memutuskan jalan di desa Sebagin," lanjutnya.

Ia juga mengharapkan adanya perbaikan atau upaya renovasi terhadap dinding talud yang berada di bibir pantai Desa Sebagin, karena menurutnya kondisi dinding talud yang rusak ini sudah seharusnya diperbaiki oleh pemerintah daerah atau pusat.

Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved