Anak Putus Sekolah, Napi Hingga Sarjana Boleh Ikut Pelatihan di BLKI

Anak-anak putus sekolah, korban narkoba, mantan Napi, maupun lapas mengikuti program pelatihan.

Anak Putus Sekolah, Napi Hingga Sarjana Boleh Ikut Pelatihan di BLKI
ist
Kepala Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Provinsi Bangka Belitung, Saiful. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Kepala Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Provinsi Bangka Belitung, Saiful mengaku dirinya memprioritaskan anak-anak putus sekolah, korban narkoba, mantan napi, maupun napi mengikuti program pelatihan.

Pembekalan keterampilan sangat dibutuhkan guna melangsungkan hidup lebih baik. Seperti napi  yang masa hukumannya tidak lama lagi diberikan keahlian supaya saat mereka bebas dapat bekerja dan tidak melakukan hal negatif.

“Kami tidak membatasi peserta berdasarkan latar belakang mereka, lapas sampai sarjana pun boleh ikut. Menariknya pelatihan ini sejenis beasiswa karena pakaian, makanan, tempat tinggal, alat tulis, bahan praktik, dan uang transport di tanggung. Jadi, jika ada masyarakat yang serius ingin mendapatkan keterampilan tertentu, BLKI lah wadahnya,” kata Saiful

Menurut Saiful, jurusan kegemaran peserta otomotif dan listrik tetapi mengingat peluang dan potensi daerah di sektor pariwisata. Maka, pelatiha lebih aktif menggalak terkait pariwisata seperti boga, perhotelan, dan lain sebagainya. Sebab, kedepannya dibutuhkan banyak tenaga dan jangan sampai orang luar mengambil peluang tersebut.

“Ada Mobile Training Unit (MTU) untuk menggapai pelatihan di daerah terpencil karena BLKI ini mencakup seluruh wilayah Babel,” ujar Saiful

Ia mengatakan semakin tahun angka penggaguran meningkat, BLKI hadir bukan untuk menjamin semuanya mendapatkan pekerjaan secara langsung. Namun, turut andil memberikan kontribusi keterampilan dan keahlian sebagai bekal mencari pekerjaan. Guna mencetak sumber daya manusia berkualitas dan mampu bersaing.

“Tidak hanya keahlian tetapi juga membentuk sikap dan etika dalam bekerja,” jelas Saiful.(*)

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved