Babel, Jawa Tengah dan Bali Terima Penghargaan Peduli HAM dari Jokowi

Penyerahan penghargaan dilakukan secara simbolis oleh Presiden kepada tiga provinsi, yakni Jawa Tengah, Bangka Belitung dan Bali

Babel, Jawa Tengah dan Bali Terima Penghargaan Peduli HAM dari Jokowi
Tribunsolo.com/Chryshna Pradipha
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan secara simbolis kepada perwakilan provinsi, kota, dan kabupaten peduli HAM, di Ballroom The Sunan Hotel Solo, Minggu (10/12/2017) pagi. 

BANGKAPOS.COM-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan penghargaan bagi provinsi, kota, dan kabupaten yang dianggap peduli terhadap hak asasi manusia (HAM).

Penyerahan penghargaan diadakan dalam acara Peringatan Hari HAM Sedunia ke-69, di The Sunan Hotel Solo, Minggu (10/12/2017) pagi.

Acara ini dihadiri juga oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly, dan ratusan pemimpin daerah.

Dalam sambutannya, Menkumham antara lain mengatakan pemerintah berkomitmen mendorong peningkatan soal HAM hingga ke daerah.

Hal itu terlaksana melalui Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) memasuki generasi ke-4.

"Tahun 2017, aksi HAM di daerah hingga saat ini mencapai 52,26 persen, dan diharapkan di akhir tahun ini pemerintah daerah dapat mempercepat pelaksanaan aksi HAM daerah hingga mencapai 100 persen," kata Yasonna.

Menkumham juga mengaku telah membuat peraturan terkait penerapan materi muatan HAM agar penyusunan peraturan daerah dan produk hukum daerah dengan memperhatikan nilai HAM dapat tercapai.

Dalam acara itu dibagikan penghargaan untuk 232 daerah dari provinsi, kota, dan kabupaten yang masuk kategori peduli HAM, dan 84 kategori cukup peduli HAM.

Penyerahan penghargaan dilakukan secara simbolis oleh Presiden kepada tiga provinsi, yakni Jawa Tengah, Bangka Belitung dan Bali.

Lalu untuk kategori kota diwakili Kota Solo, Gunungsitoli dan Ambon.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved