Ini 5 Fakta Yang Belum DIketahui Tentang Israel, Einstein Pernah Ditawari Jadi Presiden

Belakangan ramai terdengar soal Yerusalem yang diklaim Israel sebagai ibu kota. Hal ini menuai kecaman dari banyak negara

Ini 5 Fakta Yang Belum DIketahui Tentang Israel, Einstein Pernah Ditawari Jadi Presiden
foto Albert Einstein 

BANGKAPOS.COM-- Belakangan ramai terdengar soal Yerusalem yang diklaim Israel sebagai ibu kota. Hal ini menuai kecaman dari banyak negara, termasuk Indonesia. Namun, Israel sendiri punya banyak fakta yang mungkin belum kamu ketahui. HAI sudah punya nih rangkuman 5 fakta tentang Israel. Langsung dicek, nih, guys!

1. Bahasa Nasional

Israel memiliki bahasa nasional yakni Bahasa Ibrani. Selain itu sebenarnya ada penggunaan Bahasa Arab. Namun, pada Mei lalu pemerintah Israel ingin menghapus Bahasa Arab sebagai bahasa nasional. Sejumlah kementerian di Israel akhirnya menyetujui RUU yang salah satu isinya menurunkan status Bahasa Arab sebagai bahasa resmi.

2. Wajib Militer

Seperti beberapa negara lain, Israel juga menerapkan wajib militer. Bedanya di Israel tak mengenal jenis kelamin. Baik pria maupun wanita yang sudah berusia lebih dari 18 tahun harus wajib militer selama dua tahun.

3. Satu-Satunya Negara Yahudi di Dunia

Israel menjadi satu-satunya negara Yahudi di dunia dengan populasi sekitar 7,5 juta jiwa. Tapi, nggak cuma dari Yahudi saja, Israel juga didiami beberapa etnis lain. Contohnya etnis Arab dan beberapa kelompok kegamaan lain seperti Muslim, Kristen, Druze, Samaria, dan lain-lain.

4. Memiliki Program Wajib Belajar sampai 18 Tahun

Angka harapan sekolah di Israel disinyalir menjadi yang tertinggi di Asia Barat daya yang setara dengan Jepang di Asia. Selain itu, angka melek hurufnya pun tertinggi di Asia Barat daya. Israel memiliki juga program wajib belajar bagi anak usia tiga sampai 18 tahun yang terbagai menjadi tiga tahapan, yaitu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas. Tahapan sekolah berakhir melalui ujian Bagrut.

5. Albert Einstein Pernah Ditawari jadi Presiden

Walaupun Albert Einstein terlahir dari keluarga Yahudi, ia nggak mendukung pembentukan negara Israel. Ia pun pernah dikabarkan pernah menolak tawaran menjadi presiden Israel karena nggak sesuai dengan hati nuraninya.

Tentu masih banyak fakta-fakta lain dari Israel yang patut kamu ketahui. Sejarah panjang pembentukan hingga konflik yang terjadi dengan Palestina selalu menjadi fakta baru.(*)

Editor: zulkodri
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved