Siswa SD STKIP Muhammadiyah Bersemangat Ikuti Outing Class dan Baksos

Usai melaksanakan kegiatan penilaian akhir semester dan class meeting, siswa SD STKIP Muhammadiyah melakukan aktifitas outing class

Siswa SD STKIP Muhammadiyah Bersemangat Ikuti Outing Class dan Baksos
ist
Siswa SD STKIP Muhammadiyah foto bersama di Museum Timah Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-Usai melaksanakan kegiatan penilaian akhir semester dan class meeting, siswa SD STKIP Muhammadiyah melakukan aktifitas outing class (pembelajaran di luar kelas), Selasa (12/12/2017).

Penyerahan bantuan ke masjid muhajirin
Penyerahan infaq siswa kepada pengurus masjid muhajirin (ist)
Siswa menghitung hasi uang infaq untuk disumbangkan bagi yang membutuhkan
Siswa menghitung hasi uang infaq untuk disumbangkan bagi yang membutuhkan (ist)

Didampingi para guru, puluhan siswa terdiri dari kelas 1 dan 2 diajak belajar ke Perpustakaan Kota Pangkalpinang, Museum Timah dan baksos berupa penyerahan bantuan untuk pembangunan Masjid Muhajirin. Bantuan uang tunai sebesar Rp1.5 juta berasal dari uang infaq siswa selama satu semester.

"Selama 1 semester infaq anak-anak terkumpul Rp 4.059.000, anak-anak sendiri yang kami ajak menghitung hasil infaq mereka. Untuk bantuan ke masjid kita serahkan Rp 1,5 juta, Insya Allah selebihnya akan kita manfaatkan untuk aktifitas amal yang lainnya seperti rencana kita untuk berkurban," ujar Kepala Sekolah SD STKIP Muhammadiyah, Fera Anggraini kepada bangkapos.com.

Sebelum melaksanakan kegiatan terlebih dulu shalat dhuha berjamaah
Sebelum melaksanakan kegiatan terlebih dulu shalat dhuha berjamaah  di Taman Sari (ist)

Penyerahan hasil infaq dilaksanakan usai anak-anak menjalankan ibadah shalat zuhur berjamaah di Masjid Muhajirin. Bantuan diterima oleh pengurus masjid.

"Alhamdulillah, semoga yang anak-anak lakukan ini mendapatkan keberkahan, karena sejatinya orang yang bersedekah (menginfaqkan hartanya) Insya Allah akan memperoleh berkah dari Allah SWT," ungkapnya.

museum timah
museum timah (ist)

Keceriaan tampak dari para siswa yang ikut outing class hari ini. Terutama saat mereka berkunjung ke perpustakaan dan museum.

Di perpustakaan mereka diberikan kesempatan sebebasnya untuk membaca aneka buku koleksi perpustakaan Pangkalpinang. Anak-anak sangat antusias mengambil buku cerita dan lainnya untuk dibaca sendiri-sendiri maupun melihatnya bersama teman-teman mereka. 

SD STKIP Muhammadiyah membaca buku
Asyiknya membaca buku  (ist)

Anak-anak sangat antusias mengambil buku cerita dan lainnya untuk dibaca sendiri-sendiri maupun melihatnya bersama-sama. Staf perpustakaan begitu ramah menyambut siswa, tak ketinggalan mereka turut membimbing dan memperkenalkan koleksi buku yang disimpan di sana.

Puas membaca buku, siswa beranjak menuju museum timah yang terletak di Jalan Ahmad Yani. Di sana mereka diajak melihat koleksi bersejarah tentang pertimahan yang ada di Bangka Belitung.

Mereka juga melihat benda-benda peninggalan yang berkaitan dengan aktivitas pertambangan timah, seperti benda tradisional untuk menambang.

Outing class
Asyik membaca (ist)

Selain itu siswa melihat foto sejarah panjang timah bangka dan belitung. Salah satunya adalah gambar suasana dan kondisi timah di masa kolonial belanda.

Fera berharap melalui aktivitas outing class ini anak-anak bisa mengambil pelajaran dari tempat yang mereka singgahi.

"Outing class ini sangat baik, karena anak bisa belajar dari lingkungan yang berbeda, berjumpa dengan orang yang berbeda pula. Sehingga memberi pengalaman kepada siswa untuk bersosialisasi dengan dunia luar sekolah," ujar Fera.

outing class
Foto bersama di Museum Timah bersama ibu guru  (Ist)
Foto bersama di Museum Timah
Foto bersama di Museum Timah bersama ibu guru (ist)
Penulis: khamelia
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved