Lagi Penghargaan untuk Aung San Suu Kyi Dicabut,

Anggota Dewan Kota Dublin, Irlandia, mencabut penghargaan Freedom of Dublin City kepada pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi.

Lagi Penghargaan untuk Aung San Suu Kyi Dicabut,
Pemimpin Negara Myanmar Aung San Suu Kyi menyampaikan pidato nasional di Naypyidaw pada tanggal 19 September 2017.(AFP/YE AUNG THU) 

BANGKAPOS.COM, DUBLIN — Anggota Dewan Kota Dublin, Irlandia, memutuskan mencabut penghargaan Freedom of Dublin City yang mereka anugerahkan kepada pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi.

Bulan lalu, musisi pop Bob Geldof menyerahkan kembali penghargaan Freedom of Dublin yang pernah diterimanya.

Geldof melakukannya sebagai protes karena sesama penerima penghargaan, Aung San Suu Kyi dianggap tak berbuat apa pun terkait kekerasan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar.

Suu Kyi telah dituduh tutup mata terkait penindasan militer Myanmar terhadap etnis Rohingya yang adalah pemeluk agama Islam.

Sejauh ini sudah lebih dari setengah juta warga Rohingya melarikan diri ke Bangladesh untuk menyelamatkan diri dari gelombang kekerasan sejak Agustus lalu.

Menurut pemberitaan RTÉ, pemungutan suara dilakukan di Dewan Kota Dublin terhadap usulan mencopot penghargaan untuk Suu Kyi.

Hasilnya, 59 suara mendukung pencabutan penghargaan, 2 suara menentang, dan 1 suara abstain.

Para anggota Dewan Kota Dublin juga setuju menghapus nama Sir Bob Geldof dari daftar setelah musikus itu mengembalikan hadiah kehormatan tersebut ke Dewan Kota Dublin bulan lalu.(*)

Artikel ini sudah dimuat di Kompas.com dengan judul Satu Lagi Penghargaan untuk Aung San Suu Kyi Dicabut

Editor: zulkodri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved