Pemerintah Harus Sertakan Modal Untuk Jamkrida

Jamkrida satu diantara BUMD yang dapat memberikan kontribusi besar bagi daerah.

Pemerintah Harus Sertakan Modal Untuk Jamkrida
Bangka Pos

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Jamkrida satu diantara BUMD yang dapat memberikan kontribusi besar bagi daerah. Khususnya dalam membantu pelaku UMKM di Bangka Belitung agar lebih tumbuh dan berkembang.

Namun hal ini harusnya diiringi dengan kantor yang represtatif serta asupan modal yang cukup besar.

Anggota Komisi II DPRD Babel, Dollar kepada Bangka Pos Group, Jumat (15/12) mengatakan mereka sempat mengunjungi Jamkrida Sumatera Selatan. Bila dibandingkan sangat jauh dengan kondisi Jamkrida di Bangka Belitung.

“Mereka punya kantor yang baik dan representatif. Nah kalau dibandingkan dengan Jamkrida Babel sangat jauh sekali. Jamkrida Babel masih menumpang dengan gedung Pemprov Babel,” kata Dollar.

Karenanya Komisi II lanjut Dollar berharap Pemerintah Provinsi Babel dapat memberikan kantor untuk Jamkrida Babel yang lebih representatif.

Namun bila sulit dilakukan, diharapkan ada bantuan dari PT Timah yang bisa menghibahkan salah satu asetnya untuk dijadikan kantor Jamkrida Babel.

Keberadaan Jamkrida tidak hanya untuk menambah PAD. Tujuan penting adanya Jamkrida untuk membantu UMKM di Bangka Belitung dalam penjaminan modal.

Modal yang ada di Jamkrida saat ini masih terbilang kecil. Saat ini pemerintah baru menjaminkan modal totalnya sebesar Rp 30 miliar.

Dollar mengatakan, sesuai dengan Undang-undang No 1 Tahun 2016, mulai tanggal 19 Januari 2019, penyertaan modal ke Jamkrida ini minimal Rp 50 miliar.

“Penyertaan modal itu sesuai arahan pusat. Saat ini penyertaan modal ke Jamkrida baru Rp 30 miliar. Tahun 2019, penyertaan modal ke Jamkrida Rp 50 miliar. Kita mendorong pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota agar menyertakan modalnya ke Jamkrida,” ujar Dollar.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved