Kantor KPU Bangka Diserang Massa Polisi Dilempari Batu

Berbekal tongkat dan tameng fiber penghalau, polisi terus bertahan, walau dilempari batu dan botol air mineral. Hingga akhirnya, massa

Kantor KPU Bangka Diserang Massa Polisi Dilempari Batu
Bangkapos/Fery Laskary
Adegan simulasi unjuk rasa atau demo karena massa tak puas pada Pilkada Bangka 2018. Adegan diperagakan oleh aktor lokal, termasuk polisi di Halaman Mapolres Bangka Kamis (21/12/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Massa menyerbu Kantor KPU Bangka. Mereka berteriak histeris mengumbar kemarahan.

Gerombolan orang berusaha mendobrak Kantor Komisi Pemilihan Umum, namun berhasil dihalau polisi, Kamis (21/12/2017).

Namun massa tak mau kalah. Mereka tetap memaksa.Tim Dalmas Polres Bangka pun dibuat kewalahan.

Berbekal tongkat dan tameng fiber penghalau, polisi terus bertahan, walau dilempari batu dan botol air mineral. Hingga akhirnya, massa menyerah dan Kantor KPU Bangka pun berhasil diselamatkan.

Adegan tadi hanyalah simulasi. Aksi keributan diperankan oleh sejumlah orang, termasuk polisi sebagai aktornya.

Adegan ini sebagai perumpamaan, dan bukanlah aksi demo yang sebenarnya. Adegan dibuat seolah nyata, bertujuan untuk menunjukan langkah polisi jika hal tak diinginkan, terjadi nanti.

Simulasi di Halaman Kantor Polres Bangka disaksikan Wakil Bupati Bangka Rustamsyah, Kapolres Bangka AKBP Johannes Bangun dan sejumlah pejabat TNI, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Drama ini dipertontonkan usai Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Menumbing 2017.

Pertunjukan diperagakan dalam rangka Simulasi Sistim Pengamanan Kota (Sipam Kota). Polres Bangka memastikan, kesiapan mereka mengamankan Pesta Demokrasi, Pilbup-Wabup Bangka yang tinggal menghitung bulan, 2018 mendatang.

"Dimulai dari pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Menumbing 2017 di Polres Bangka. Acara diikuti selain anggota Polri, juga unsur TNI AD, TNI AL, Brimob, Satpol PP, Dishub, Senkom, Tagana, Dinas Kesehatan, dan Parmuka," kata Kapolres Bangka AKBP Johannes Bangun didampingi Kabag Ops, Kompol S Sophian, Kamis (21/12/2017).

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah bertindak selaku inspektur upacara. Rustamsyah di acara itu sempat menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas agar daerah ini tetap kondusif.

Rustamsyah meminta masyarakat tenang dan damai serta mendukung terselenggaranya Pilkada 2018 nanti.

"Setelah apel gelar pasukan, kegiatan dilanjutkan dengan Peragaan Sispam Kota Operasi Menumbing 2018. Kegiatan ini merupakan persiapan Pilkada 2018 yang dilakukan oleh Polri. Tujuannya agar agggota siap dalam menghadapi segala macam bentuk gangguan nyata. Adegan tadi adalah simulasi penanganan massa ke kantor KPU," tambah Kapolres.(*)

Penulis: ferylaskari
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved