Melati Erzaldi Ajak Generasi Muda Babel Mencintai Tenun Cual

Melati berharap pengenalan tentang kerajinan kain tenun cual bisa dimasukkan ke dalam kurikulum muatan lokal tingkat SMA

Melati Erzaldi Ajak Generasi Muda Babel Mencintai Tenun Cual
ist
Ketua Dekranasda Bangka Belitung, Melati Erzaldi saat mengenakan pakaian tenun cual.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dekranasda Provinsi Bangka Belitung mendukung perajin tenun cual agar berani bermimpi. Sebab warisan budaya tersebut mampu mencerminkan identitas dan kekayaan Bangka Belitung. Memiliki peran penting, para perajin didorong lebih giat melestarikan, berinovasi, dan mempertahankan pusaka negeri serumpun sebalai.

 “Mari bersama kenalkan, cintai, dan kenakan tenun cual di seluruh pelosok,” ujar Melati.

Ketua Dekranasda Bangka Belitung, Melati Erzaldi mengungkapkan masyarakat Babel sepatutnya berbangga memiliki tenun cual sebagai warisan budaya. Sehingga, para perajin pun lebih giat dalam menghasilkan produk tenun cual yang unggul.

Untuk diketahui tenun cual merupakan satu diantara enam prioritas produk tenun tahun 2016 berdasarkan rapat pimpinan Dekranas pada 17 November 2015.

 “Tenun cual Bangka Belitung mendapatkan perhatian dari Ibu Dekranas Pusat yakni Mufidah Jusuf Kalla. Hal tersebut mendorong Dekranasda Babel berupaya melestarikan dan berinovasi memantik perajin cual supaya produknya tidak punah dan lebih dicintai masyarakat. Sebab, cual mempunyai peluang sangat baik saat Rakernas dan pameran Kriyanusa,” kata Melati.

Ia mengungkapkan, langkah pelestarian yang dilakukan yakni antara lain membranding produk unggulan tersebut. serta menggelar workshop dan pelatihan terkait teknologi tenun dan motif. Selain itu juga kata Melati penting juga dilakukan promosi di koran, radio, dan lainnya. Pihaknya juga memiliki duta cual yang bisa diajak dalam kegiatan fashion show bersama perancang busana ternama.

“Khusus tahun 2017 ada pendampingan, bantuan alat tenun, dan promosi produk yang bekerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan Babel guna meningkatkan pengetahuan, produktivitas, dan inovasi perajin tenun cual. Selain itu, ada pula kegiatan promosi kerajinan di luar daerah dengan mengikutsertakan perajin tenun cual. Seperti Inacraft, pameran Kriyanusa Dekranas, PRJ, dan sejumlah agenda lainnya,” tutur Melati

Lebih lanjut, Melati Erzaldi menjelaskan Dekranasda Babel juga berusaha meningkatkan dan memviralkan tenun cual di kalangan remaja. Ia berusaha bekerjasama dengan sejumlah desainer dan Podomoro University guna membaca potensi, dan mengemas tenun cual lebih modern bersama perajin cual di Babel.

Melati juga menyampaikan wacana bersama Kepala Dinas Pendidikan Babel terkait materi kurikulum kerajinan tenun cual dimasukan menjadi muatan lokal tingkat SMA. Sehingga generasi muda bisa mengenal warisan budaya tenun cual, sejarah, filosofi, dan tata cara membuat. Tidak hanya itu, ada pula kunjungan siswa ke tempat pembuatan cual supaya mereka belajar membuat cual diajarkan oleh perajin.

“Para perajin dijadikan narasumber dan dihonorkan buat mengedukasi pelajar,” kata Melati.

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved