Terlibat Partai Politik, Satu Anggota PPK Dipecat

KPU Kabupaten Bangka terpaksa harus memecat satu Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemali yang terlibat partai politik

Terlibat Partai Politik, Satu Anggota PPK Dipecat
Bangka Pos / Nurhayati
Ketua KPU Kabupaten Bangka, H Zulkarnain 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka terpaksa harus memecat satu Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemali yang terlibat partai politik.

Pasalnya Oknum PPK tersebut ternyata diketahui menjadi anggota salah satu partai politik.

Ketua KPU Kabupaten Bangka H Zulkarnain Idrus saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jumat (5/1/2017) di Sekretariat KPU Kabupaten Bangka membenarkan bahwa ada satu anggota PPK yang dipecat karena terlibat partai politik.

Namun Zulkarnain menolak, menyebutkan nama Anggota PPK Pemali yang terlibat parpol tersebut. Menurutnya, KPU sudah melakukan pemecatan terhadap yang bersangkutan sebagai Anggota PPK Pemali.

"Kita melakukan pemberhentian dengan tidak hormat, setelah dicek melalui pengecekan dan verifikasi faktual ada satu anggota PPK yang namanya tercantum sebagai anggota partai. Saat kita klarifikasi yang bersangkutan awalnya mengaku tidak tahu, namun pernah membantu teman dan terlibat langsung. Jadi kami ambil keputusan pemecatan," ujarnya

Diakuinya, keterlibatan Anggota PPK di parpol berawal dari adanya laporan dari masyarakat yang disampaikan kepada PPK dan Panwaslu.

Setelah mendapat informasi  Pihaknya dari KPU langsung melakukan pemanggilan terhadap oknum anggota PPK yang terlibat parpol tersebut untuk dilakukan proses klarifikasi.

Setelah proses klarifikasi, KPU melakukan rapat pleno yang diputuskan pemberhentian dengan tidak hormat terhadap anggota PPK itu.

"Walaupun secara langsung dia mengatakan tidak masuk dalam partai. dan sudah membuat surat pernyataan tiddak terlibat di partai.Tetapi bagi kami itu sudah melanggar kode etik dan sudah melakukan pelanggaran termasuk juga sumpah jabatan. Jadi kita langsung melakukan pemberhentian dengan tidak hormat," tegas Zulkarnain.

Sedangkan untuk pergantian Anggota PPK Pemali yang terlibat parpol tersebut akan diganti dengan anggota yang masuk urutan nomor enam Calon Anggota PPK Pemali dan akan dilantik dalam waktu dekat.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved