Anggaran Dari Kementrian PU Naik, 37 Jalan di Kota Pangkalpinang Akan Diperbaiki

Jumlah ini lebih besar dari DAK 2017 lalu senilai Rp.18,7 miliar. Bukan hanya dari anggaran perbaikan jalan dari DAK saja

Anggaran Dari Kementrian PU Naik, 37 Jalan di Kota Pangkalpinang Akan Diperbaiki
Bangka Pos/ Ardhina Trisila Sakti
Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang, M.Agus Salim 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pangkalpinang 2018 ini mendapat dana alokasi khusus (DAK) dari Kementrian Pekerjaan Umum senilai Rp.90 miliar.

Jumlah ini lebih besar dari DAK 2017 lalu senilai Rp.18,7 miliar. Bukan hanya dari anggaran perbaikan jalan dari DAK saja yang meningkat, APBD Pangkalpinang juga mengucurkan dana untuk Dinas Pekerjaan Umum sebesar Rp.10 miliar naik dari tahun lalu senilai Rp.4,5 juta. 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang, M.Agus Salim menjelaskan kenaikan anggaran akan digunakan untuk memperbaiki 37 paket jalan yang statusnya dinaungi pemerintah Kota Pangkalpinang.

Secara kuantitas dengan dukungan dana anggaran yang besar, Agus mengakui jumlah jalan yang diperbaiki tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya dapat menjangkau 11 paket jalan

"Tiap tahun rata-rata kita mengusulkan (DAK) Rp.127 miliar namun waktu itu (tahun lalu) secara nasional defisit, APBD perbaikan jalan tahun lalu juga memang tak banyak karena kemarin APBD Pangkalpinang (fokus) ke rumah sakit umum. Tahun ini (anggaran perbaikan jalan) memang lumayan," jelas Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang, M.Agus Salim saat ditemui Bangka Pos, Kamis (11/1). 

Dengan anggaran tahun ini beberapa jalan akan diperlebar dan diperbaiki secara menyeluruh dari lokasi yang telah ditentukan.

Tingkat kerusakan jalan yang diperbaiki bila kerusakan lebih dari 30 persen serta jalan  yang menjadi tempat permukiman baru. 

"DAK hanya boleh untuk peningkatan kapasitas jalan dan peningkatan struktur seperti dari lapen ke Hot mix.

Dana anggaran khusus tidak boleh dipakai untuk pemeliharaan jalan berkala.

Halaman
12
Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved