Program E-Warung Permudah Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai

Nanti jika menyalurkan dana BNPT ke Desa tidak perlu lagi ke Daerah dulu dan langsung ke Desa itu sendiri, dan penerapan E-Warung juga harus

Program E-Warung Permudah Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai
bangkapos/idandimeikajovanka
Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Babel, Rusli 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dalam rangka menghidupkan perekonomian Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Beras Prasejahtera (Beras Rastra), Program E-Warung yang dibentuk oleh Kementrian Sosial Republik Indonesia hadir untuk mempermudah penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada KPM di Provinsi Babel.

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Babel, Rusli mengatakan E-Warung tersebut diharapkan para kelompok KPM dapat berkordinasi dan bersinergi untuk menguatkan perekonomian mereka masing-masing.

"E-Warung diperuntukkan pada Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Jadi, dari kementrian Sosial MoU dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk menyalurkan kepada BNPT itu kepada akan diberikan kartu untuk mengambil uang itu, dan belanja di E-Warung,"terang Rusli

Ditambahkan Rusli, E-warung merupakan warung yang disediakan para KPM dan menyediakan kebutuhan primer dari KPM utamanya seperti beras dan telur plus kebutuhan primer lainnya.

"Sementara diseluruh Kecamatan dan Desa di Indonesia, E-warung ini disediakan pada saat nya disalurkan oleh BPNT,"Ucap nya.

Untuk mengantisipasi penyalahgunaan penggunaan dana Bansos BPNT ke Daerah dikatakan Rusli, dana tersebut akan diberikan langsung oleh pihak KPM yang bersangkutan.

"Nanti jika menyalurkan dana BNPT ke Desa tidak perlu lagi ke Daerah dulu dan langsung ke Desa itu sendiri, dan penerapan E-Warung juga harus menyesuaikan sarana dan prasarana di jaringan internet,"Pungkas Rusli.

Ia juga menyebutkan sebanyak 43 Kota di Indonesia termasuk Kota Pangkalpinnag yang sudah memadai menerapkan aplikasi tersebut.

"Mungkin teknologi komunikasinya menjadi kendalanya apalagi ke Daerah terpencil. Namun kita tetap mengupayakan hal itu," katanya.(*)

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved