Tidak Miliki KTP Sesuai Domisili dan Tanpa Keterangan Tidak Bisa memilih

Warga yang tidak memiliki KTP Kabupaten Bangka tidak bisa memberikan hak suaranya pada pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bangka.

(ist/dok kpud kabupaten bangka)
Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) didampingi Komisioner KPUD Kabupaten Bangka saat melakukan pencoklitan kepada keluarga Bupati Bangka T Tarmizi Saat, Sabtu (20/1/2018) di Rumah Dinas Bupati Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Ketua KPUD Kabupaten Bangka Zulkarnain, menyatakan, bagi warga yang tidak memiliki KTP Kabupaten Bangka tidak bisa memberikan hak suaranya pada pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bangka. 

"Kalau yang tinggal di Kabupaten Bangka tapi KTP luar dan yang belum pindah jiwa tidak kita masukan dalam daftar pemilih untuk Kabupaten Bangka kecuali sudah ada keterangan pindah. Tidak bisa kalau belum pindah jiwa," jelas Zulkarnain kepada bangkapos.com, Minggu (21/1/2018).

Disinggung apakah warga yang tidak memiliki KTP Kabupaten Bangka tidak bisa memilih ini, menjadi penyumbang golput, menurutnya hal ini tidak menjadi penyumbang golput.

"Kalau yang bukan KTP Kabupaten Bangka tidak menjadi potensi untuk angka golput," tegasnya.

Zulkarnain menyatakan bahwa pemutakhiran data dilakukan agar data yang ganda bisa dihilangkan dan data baru bisa masuk

"Kalau ditemukan ganda kita coret salah satunya," kata Zulkarnain.

Untuk tahapan pilkada 2018 ini, saat ini KPUD Kabupaten Bangka mulai Sabtu (20/1/2018) melakukan gerakan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak dimulai dengan apel kesiapan pada pukul 07.00 WIB di Sekretariat KPUD Kabupaten Bangka.

Setelah itu komisioner KPU Kabupaten Bangka, PPK dan PPS mendampingi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan pencoklitan.

"Hari pertama kami melakukan pencoklitan kepada Bupati Kabupaten Bangka, Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Plt Sekda Bangka Pak Akhmad Mukhsin, Kepala Dukcapil Pak Rahmad Gunawan terus Pak Fadilah Sabri untuk wilayah Sungailiat. Untuk Belinyu Ramadian, dan Herman CH dan di Merawang Amri Cahyadi," jelas Zulkarnain.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved