Komisi III DPRD Babel Desak Menteri Perdagangan Panggil Pengusaha Timah

Komisi III DPRD Babel temui Direktur Jendral Perdagangan Luar Negeri, Sucofindo dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komiditi

Komisi III DPRD Babel Desak Menteri Perdagangan Panggil Pengusaha Timah
Bangkapos.com/Evan Saputra
Toni Purnama 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Komisi III, Tony Purnama mengaku pihaknya telah meminta dan mendesak agar menteri perdagangan mengumpulkan pengusaha timah di Babel untuk melakukan pertemuan.

Hal ini, ungkapnya sudah  dikatakan beberapa waktu lalu saat mereka menemui Direktur Jendral Perdagangan Luar Negeri, Sucofindo dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komiditi (Bappebti), Jumat (19/1/2018) lalu.

“Sampai sekarang ini ICDX belum merealisasikan janjinya. Memberikan CSR dan juga kerjasama dengan BUMD kita di Babel. Padahal kerjasama ini penting untuk kita meningkatkan PAD,” kata Tony Purnama.

Dalam pertemuan tersebut, Bappebti lanjut Tony justru meminta kapan Pemprov Babel menginginkannya. Namun permintaan ini langsung ditanggapi tegas oleh Tony.

“Bappebti ini harusnya mengawasi atau mengontrol kinerja dari ICDX bukan mengkomunikasikan ICDX ke pemprov. Sampai sekarang ini faktanya ICDX belum merealisasikan janjinya memberikan CSR dan kerjasama dengan BUMD. Bantuan yang diberikan selama ini hanya saat adanya banjir saja,” kata Tony.

Tony meminta bantuan tidak hanya saat ada musibah saja. Bila CSR dan kerjasama dengan BUMD dilakukan, tentunya akan meningkatkan PAD Babel. Pada akhirnya dapat membantu perekonomian masyarakat dan melakukan pembangunan disegala bidang.

Perda Sumbangan Pihak Ketiga yang masuk ke PAD Babel, saat ini sudah mencapai sekitar Rp 6 miliar. Dalam waktu hanya sekitar 2 bulan, nilai sumbangan tersebut sudah cukup besar.

“Kalau kita hitung ke belakang, 10 tahun terakhir saja, kemana sumbangan ini. Sekarang mereka mampu menyumbang, sebelumnya kemana saja. Kita minta kerjasama dengan ICDX dan keluarkan CSR-nya rutin, sampai saat ini belum terealisasi,” kata Tony.

Dia berharap agar Menteri Perdagangan dapat memanggil pengusaha timah, sucofindo dan ICDX untuk melakukan pertemuan bersama dengan Pemprov Babel dan Komisi III DPRD Babel.(*)

Penulis: Hendra
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved