KPU Mulai Turun, KTP Tidak Sesuai Domisili Dicoret dari Daftar Pemilih

Apabila PPDP menemukan pemegang KTP tidak sesuai domisili, maka yang bersangkut bakal dicoret dari daftar pemilih.

Ilustrasi 

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan pemutakhiran data pemilih sejak 20 Januari kemarin. Kegiatan itu bertujuan memastikan data pemilih untuk Pilkada Serentak 2018.

Divisi Perencanaan dan Data Informasi KPU Pangkalpinang, Yusmayadi mengatakan proses pemutakhiran data melalui pencocokan dan penelitian (coklit) dilakukan super ketat.

Apabila Panitia Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) menemukan pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) tidak sesuai domisili, maka yang bersangkut bakal dicoret dari daftar pemilih.

"Saat ini jumlah daftar pemilih berdasarkan DP4 sekitar 135.000. Kalau tidak seseuai kita coret dari daftar pemilih di Pilkada Pangkalpinang. Jadi bila KTP dan domisili tidak sesuai maka tidak bisa masuk ke daftar pemilih atau DP4," kata Yusmayadi, Minggu (21/1).

Baca: Pemprov Babel Usul 249 CPNS, Ini Formasi yang Paling Banyak Dibutuhkan

Pernyataan itu disampaikan Yusmayadi saat disinggung tentang warga yang tinggal di daerah perbatasan. Untuk Pangkalpinang, ada dua wilayah yang berdekatan yakni Desa Kace Timur, Kabupaten Bangka dan Desa Dul Kabupaten Bangka Tengah.

Yusmayadi mengaku pihaknya sudah mengantisipasi proses coklit di dua wilayah tersebut. Selain menyampaikan ke Biro Pemerintahan Provinsi Babel, KPU Pangkalpinang juga berkoordinasi dengan KPU Bangka.

“Secara geografis atau letak wilayah pemerintahannya masuk di Kabupaten Bangka, tetapi cukup banyak yang memiliki KTP Pangkalpinang," kata Yusmayadi, Minggu (21/1/2018).

Yusmayadi menegaskan coklit bertujuan untuk meminimalisir kesalahan daftar pemilih. Dikhawatirkan juga pemegang KTP tersebut memilih dua kali atau memilih ditempat berbeda.

Sejumlah spanduk imbauan juga telah dipasang KPU untuk mengantisipasi permasalahan ini. Tapi bila masih ada yang berani tentunya ada konskuensi yang harus diterima.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved