Warga Bertanya Bisa Apa Tidak Rp 1 Miliar 1 Kelurahan

Pertanyaan itu sering jadi bahan pembicaraan warga setempat, karena warga merujuk ke realisasi program pemerintah yakni Rp 1 miliar

Warga Bertanya Bisa Apa Tidak Rp 1 Miliar 1 Kelurahan
bangkapos.com/Riyadi
Hendra Kurniady 

Laporan Wartawan Bangka Pos,  Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Banyak warga di Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat, selalu bertanya soal bisa tidaknya kelurahan bisa mendapatkan alokasi dana Rp 1 miliar 1 kelurahan.

Pertanyaan itu sering jadi bahan pembicaraan warga setempat, karena warga merujuk ke realisasi program pemerintah yakni Rp 1 miliar 1 desa.

Warga Kelurahan Kelapa Seladi Yamin mengatakan, apa memang tidak bisa dan tidak ada aturannya atau bagaimana, sehingga kelurahan tidak mendapatkan program yang sama.

"Masa' nggak bisa, kayaknya nggak mungkin kalau nggak bisa. Coba lah pemerintah mengkaji aturannya, kalau bisa kenapa kok nggak diprogramkan," ujar Seladi kepada bangkapos.com Rabu (24/1/2018).

Dikatakan Seladi, kenapa Rp 1 miliar 1 kelurahan, tentu itu untuk penyamarataan dengan desa.

Warga lainnya, Amin juga bertanya, kalau ada regulasi, itu bisa dijadikan dasar hukum.

"Kalau di daerah lain sudah ada yang memprogramkan dan merealisasikan 1 miliar satu kelurahan, artinya daerah setempat memiliki dasar aturannya, kami sedang mencari regulasi itu," ujarnya.

Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat Hendra Kurniady mengungkapkan, Rp 1 miliar 1 kelurahan, itu bisa diprogramkan dan direalisasikan.

"1 miliar 1 kelurahan, kenapa tidak bisa!. Itu tergantung Kepala daerahnya, mau mengajukan usulan ke dewan atau tidak," jelas Hendra.

Ia mengungkapkan, nanti dewan akan mengusulkan program 1 miliar untuk 1 kelurahan.

"Tapi itu nanti akan ku usulkan, biar ada keadilan dengan desa, sambil menunggu PP-nya keluar," jelas Hendra. 

Desa-desa kini mendapatkan alokasi dana Rp 1 miliar 1 desa. Namun program itu belum menyentuh kelurahan.

Warga Bangka Barat Rohimin mengatakan, di Kabupaten Bangka Barat, terdapat empat kelurahan, satu di Kecamatan Kelapa dan tiga di Muntok.

"Ya yang seimbang lah, kan tidak semua kelurahan itu mampu secara finansial, kan anggaran untuk ini kecil, karena satu SKPD dengan kecamatan," katanya.(*)

Penulis: riyadi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved