Pemdes Beli Sapi yang Sudah Dikawin Untuk Percepat Perputaran Bantuan Bergulir

Jadi kita belinya yakni sapi yang sudah di kawin, tiga induk sapi yang di beli nggak lama lagi beranak, ya maunya kan cepat

Pemdes Beli Sapi yang Sudah Dikawin Untuk Percepat Perputaran Bantuan Bergulir
Ist
Kades Mapur Agus Sari menyerahkanbl sapi untuk bantuan bergulir ke kelompok tani setempat, Senin (18/13/2017) lalu. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi


BANGKAPOS.COM, BANGKA --
Pemdes Mapur Kecamatan Riausilip memilih beli sapi yang sudah di kawin, untuk percepatan perputaran bantuan bergulir ke kelompok tani di desanya.

Di tahun 2017 lalu, Pemdes Mapur menggunakan dana dari APBDes, membeli empat ekor sapi, untuk bantuan bergulir ke kelompok tani setempat.

Kades Mapur Agus Sari mengatakan, sapi yang betina atau yang induk saat dibeli, dalam keadaan  sudah hamil.

"Jadi kita belinya yakni sapi yang sudah di kawin, tiga induk sapi yang di beli nggak lama lagi beranak, ya maunya kan cepat untung ya seperti itu, tujuannya agar terjadi percepatan perputaran bantuan bergulir ke kelompok tani lainnya," ujar Agus kepada bangkapos.com Kamis (25/1/2018).

Dikatakan Agus, bantuan sapi ke kelompok tani di Mapur, juga untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dan memberi manfaat bagi sektor lainnya, seperti sektor pertanian dan perkebunan masyarakat.

"Kotoran dan air kemih sapi banyak bermanfaat untuk pupuk tanaman pertanian," ujar Agus.

Sementara di Desa Pangkalniur, Pemdes setempat tahun 2017 lalu juga membeli dua ekor sapi untuk bantuan bergulir ke kelompok tani.

"Pertumbuhannya cukup lumayan, karena kita beli kemarin posisinya masih anak. Untuk sementara kita memanfaatkan kotorannya untuk pupuk," ujar pemelihara sapi bantuan bergulir di Desa Pangkalniur, Rusak.(*)

Penulis: riyadi
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved