Breaking News:

Provinsi Babel Eksklusif Terapkan Program KB, Tembus 72 Persen Melampaui Target Nasional

Secara nasional Babel berhasil meningkatkan kepesertaan diatas rata-rata yaitu sebesar 72 persen diatas target nasional.

BANGKA POS - Keberhasilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggalakan kepesertaan Keluarga Berencana (KB) menuai pujian dari Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN, Ibu Dr. Dwi Listyawardani, Ir., M.Sc.

Secara nasional Babel berhasil meningkatkan kepesertaan diatas rata-rata yaitu sebesar 72 persen diatas target nasional.

Atas keberhasilan inilah menurut Ibu Dani menuturkan Babel merupakan provinsi yang eksklusif dengan penduduk yang sedikit namun mampu mene­rapkan program keluarga berancana termasuk bagi pasangan usia subur.

“Berdasarkan hasil survei demografi Provinsi Babel ini satu-satunya provinsi yang kepesertaan KB diatas rata-rata yaitu 72 persen, dan ini mengalahkan target secara nasional,” sebut Ibu Dani dalam kunjungannya ke Kampung Nelayan 1 Sungailiat dalam acara Pencanangan Bulan Bakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) KB Kesehatan dan Bulan Aksi PLKB Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (24/1).

Ibu Dani menyebutkan prestasi yang sudah diraih harus dipertahankan, dengan cara menjaga kekompakan dan kebersamaan serta memberi pemahaman kepada masyarakat.
Evaluasinya adalah penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) masih rendah yaitu sekitar 20 persen serta solusinya adalah para bidan harus lebih aktif.

“Angka kematian ibu sebesar 15 ribu meninggal setiap tahunnya di Indonesia. Penyebab utamanya adalah persalinan dan kehamilan. Solusi utamanya dengan cara ber-KB di antaranya mengatur dan merencanakan kehamilannya,” terang Ibu Dani.

Dirinya berharap melalui Pencanangan Bulan Bakti ini Babel bisa meningkatkan prestasinya dan memberikan efek positif bagi provinsi lain.

Selain dihadiri Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN acara ini turut pula dihadiri perwakilan Pemerintah Provinsi Babel Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Babel Haryoso, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel, Wakil Bupati Bangka Rustamsyah, Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Babel, Camat, Lurah Su­ngailiat serta tamu undangan lainnya.

Selain acara Pencanangan Bulan Bakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) KB Keseha­tan dan Bulan Aksi PLKB Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, juga dilakukan peresmian Rumah Data Kampung KB di lingkungan Nelayan 2 Sungailiat Bangka.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Babel, Haryoso menyampaikan, kegiatan ini berlangsung selama enam bulan mulai dari Januari hingga Juni 2018.

Diharapkan selama enam bulan ini betul-betul dimanfaatkan untuk memberi pengertian kepada masyarakat khususnya pasangan usia subur, agar dapat memenuhi capaian target yang telah disepakati.

“Semua pihak hendaknya melakukan koordinasi de­ngan baik dan bersinergi de­ngan tugas dan fungsi masing-masing karena kegiatan ini akan meraih kesuksesan dengan kebersamaan,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bangka Rustamsyah mengatakan, Pencananagan Bulan Bakti ini merupakan bentuk kegiatan yang nyata dan perlu dukungan dari semua pihak mulai dari pemerintah, swasta hingga masyarakat.

Manfaatnya sangat besar dalam rangka peningkatan ketahanan keluarga. Maka dari itu perlu adanya dukungan yang masif guna mendukungnya.

“Kami mendukung program KB di antaranya de­ngan melaksanakan yang namanya Bang Muda, Bumi Resti dan lain-lain. Mudah-mudahan di Babel ini memiliki program mendukung KB,” tambah Rustamsyah. (ADVERTORIAL/n7)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved