Usai Pembangunan RTH Belum Ada Terminal Pengganti, Nasib Sopir Angkot Terkatung-katung

Untuk sementara ratusan mobil angkutan kota (angkot) dalam dan luar kota terpaksa parkir di jalanan dan terminal bayangan

Usai Pembangunan RTH Belum Ada Terminal Pengganti, Nasib Sopir Angkot Terkatung-katung
Bangkapos/Edwardi
Mobil angkot L 300 SSungailiat-Pangkalpinang sedang parkir di terminal sementara Jalan Jeruk Lingkungan Cokro Sungailiat menunggu penumpang, Jumat (26/1/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA –- Usai pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Kota Sungailiiat di bekas Terminal Kota Sungailiat ternyata menimbulkan masalah baru, yakni belum tersedianya terminal baru pengganti terminal yang lama.

Memang Pemkab Bangka sudah merencanakan pembangunan terminal baru di Desa Air Ruai Pemali, namun sampai saat ini terminal tersebut baru sebatas lahan timbunan tanah puru, belum ada fasilitas apapun disana.

Untuk sementara ratusan mobil angkutan kota (angkot) dalam dan luar kota terpaksa parkir di jalanan dan terminal bayangan (sementara) Jalan Jeruk Lingkungan Cokro Kelurahan Sungailiat Kecamatan Sungailiat.

“Usai terminal Kota Sungailiat dijadikan RTH sampai saat ini kami sopir angkot tidak punya terminal baru sebagai pengganti, nasib kami tidak jelas dan terkatung-katung,” kata Husni, sopir angkot L-300 Sungailiat-Pangkalpinang yang ditemui di terminal sementara Jalan Jeruk Lingkungan Cokro Sungailiat, Jumat (26/1/2018).

Husni mengeluhkan kurangnya sarana dan fasilitas umum di lokasi terminal sementara Kota Sungailiat ini.

“Kami mau buang air kecil dan air besar juga susah pak, tidak ada WC umum disini, sehingga harus pergi jauh keluar terminal bila ingin buang hajat,” kata Husni.

Ditambahkan, selain itu disini juga tidak ada fasilitas ruang tunggu bagi penumpang dan sopir untuk istirahat, warung makan dan rokok juga tidak ada, harus keluar terminal bila ingin makan dan beli rokok.

“Saat ini penumpang juga jarang datang langsung ke terminal sementara ini, karena masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui lokasi terminal ini,” tukas Husni.

Terpisah Badrin, Kepala UPTD Terminal Sungailiat dikonfirmasi mengakui usai terminal lama dijadikan RTH Taman Kota Sungailiat sampai saat ini para sopir mobil angkot dalam dan luar kota Sungailiat belum memiliki terminal baru sebagai pengganti terminal yang lama.

“Memang ada rencana Pemkab Bangka membangun terminal baru di Desa Air Ruai Pemali itu, namun sampai saat ini kondisi baru lahan timbunan tanahh puru, belum ada fasilitas apapun,” jelasnya.

Diakuinya, untuk sementara ini terminal mobil-mobil angkot dialihkan ke terminal sementara di samping Kantor UPTD Terminal di Jalan Jeruk Lingkungan Cokro Sungailiat.

“Saya akui belum ada fasilitas apapun disana, seperti WC umum dan ruang tunggu penumpang karena sifatnya hanya sementara. Untuk para sopir yang ingin buang hajat dibolehkan menggunakan WC dan kamar mandi yang ada di dalam kantor UPTD Terminal, namun untuk penumpang tidak diperbolehkan,” tukasnya.(*)

Penulis: edwardi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved