Antisipasi Krisis Air Bersih, Pemprov Babel Bentuk Tim Pengelolaan DAS

Provinsi Bangka Belitung (Babel) terancam mengalami krisis air bersih lantaran penggunaan air tanah yang semakin masif

Antisipasi Krisis Air Bersih, Pemprov Babel Bentuk Tim Pengelolaan DAS
Bangka Pos / Krisyanidayati
Sekda Babel, Yan Megawandi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Provinsi Bangka Belitung (Babel) terancam mengalami krisis air bersih lantaran penggunaan air tanah yang semakin masif ditambah lagi kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) yang belum dikelola dengan baik.

Untuk mengantisipasi hal ini Pemprov Babel membentuk tim pelaksana pengelolaan DAS dan tim pengawas yang terdiri dari berbagai stakeholder.

Sekda Babel, Yan Megawandi mengatakan pembentukan tim ini sesuai dengan dengan perda nomor 10 tahun 2016 tentang DAS dan Pergub nomor 1 tahun 2018.

"Tim koordinasi pelaksana pengelolaan dan tim pengawas ini kita harapkan untuk segera bekerja, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga nanti pengawasan. Termasuk memberi nama 73 sub das yang belum bernama dari 429 sub das di Babel," kata Yan usai memimpin rapat pembentukan tim pelaksanaan pengelolaan DAS di ruang rapat Tanjung Pesona, Senin (29/1).

Yan mengatakan setelah mendengar paparan dari berbagai pihak, Babel dinilai memiliki resiko cukup tinggi terkait cadangan air dengan pengelolaan yang ada saat ini. Oleh karena itu, tim ini diharapkan untuk mengantisipasi dan memperbaiki pengelolaan DAS.

"Cadangan air, menurut BP DAS, Babel tak punya ketersediaan air tanah, sangat minim, sebingga banyak yang mengandalkan air permukaan, maka dari itu DAS harus dipelihara kalau ingin mendapatkan air baku yang baik," ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved