Jadi Anggota KPU, Harus Siap Mental dan Siap Jadi Samsak

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bangka H Zulkarnain mengatakan sebagai komisioner KPU harus siap mental

Bangka Pos / Nurhayati
Ketua KPU Bangka, Zulkarnain 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bangka H Zulkarnain mengatakan sebagai komisioner KPU harus siap mental.

Pasalnya banyak tekanan yang akan mereka hadapi terkait dengan pilkada maupun pemilu.
Bahkan terkadang adanya tuduhan-tuduhan yang sudah menjurus ke arah fitnah.

"Saya ingat omongan Bu Ida Budiaryo Mantan Divisi Hukum KPU RI saat kami konsultasi. Dia bilang KPU itu ibarat samsak tinju, mau dipukul, ditendang kita diam saja. Paling oleng ke kiri ke kanan," ungkap Zulkarnain kepada bangkapos.com, Senin (29/1/2018) di KPUD Kabupaten Bangka.

Menurutnya, KPU bersifat pasif jika ada laporan dan dipanggil oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mereka hanya bisa membawa bukti dan saksi-saksi terkait dengan perkara dituduhkan.

Diakui Zulkarnain, dua periode menjadi komisioner KPUD di Kabupaten Bangka sudah berapa kali dipanggil DKPP bahkan sudah ke Mahkamah Agung (MA) namun tidak terbukti mereka melakukan pelanggaran.

"Kami ini sudah di MK (Mahkamah Agung--red) kan, apa dituduhkan tidak terbukti. Lima komesioner di DKPP-kan tapi tidak terbukti karena kita ada bukti kuat. Kita tidak bersalah dan untuk dipulihkan nama baiknya. Kita tidak melawan nanti sia-sia. Ketika masuk ke KPU saya sudah siap mental," tegas Zulkarnain.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved