Harga Lele Dumbo di Sungailiat Melonjak Tajam, Ini Penyebabnya

Ikan lele inikan tidak bisa dipanen sekaligus, pedagang minta yang paling laku di pasaran itu ukuran 6-7 ekor ikan

Harga Lele Dumbo di Sungailiat Melonjak Tajam, Ini Penyebabnya
Bangkapos/Edwardi
Petani pembudidaya ikan lele Sungailiat, Subarkat sedang memberikan makanan kepada ikan lele peliharaannya di dalam waring-waring, Selasa (30/012018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi


BANGKAPOS.COM, BANGKA –- Harga ikan lele dumbo ukuran konsumsi di tingkat petani pembudidaya ikan di Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka melonjak tajam saat ini.

Ditambah lagi saat ini sedang musim bulan terang atau bulan purnama, sehingga pasokan ikan laut jauh berkurang, sementara permintaan masyarakat cukup tinggi di pasaran.

Pasalnya sekitar bulan Desember 2017 lalu, harga lele dumbo ini di kisaran Rp 15.000-16.000 per kg, namun memasuki bulan Januari ini harga melonjak di kisaran Rp 20.000-22.000 per kg.

Sementara harga jual ikan lele dumbo di pasar di kisaran Rp 28.000 hingga Rp 30.000 per kg.

“Alhamdulillah pak, saat ini harga ikan lele dumdo ukuran konsumsi di tingkat petani pembudidaya melonjak tajam seitar Rp 22.000 per kg,” kata Subarkat, petani pembudidaya ikan Sungailiat, Selasa (30/1/2018).

Menurutnya, saat ini para pedagang pengepul ikan hamper setiap hari mendatangi kolam ikannya. Namun saat ini ikan lele yang dipanen juga tidak terlalu banyak.

Sedangkan pedagang pengepul ikan yang mencarinya cukup banyak, dari Sungailiat, Belinyu, Kelapa, Tempilang, bahkan Pangkalpinang berebutan mencari ikan lele.

“Ikan lele inikan tidak bisa dipanen sekaligus, pedagang minta yang paling laku di pasaran itu ukuran 6-7 ekor ikan per kg, ini ukuran supernya,” jelasnya.

Diungkapkannya, awal Desember 2017 lalu menebarkan sebanyak 15 ribu ekor benih lele ke dalam 4 waring.

Diperkirakan baru bisa banyak dipanen pertengahan bulan Februari 2018 mendatang.


“Saat ini ikan lele saya baru masuk ukuran remaja, mudah-mudahan pertengahan Februari nanti baru bisa banyak panennya. Ukuran remaja ini saja sudah mau dibeli pedagang pengepul cuma saya tidak mau memberinya,” imbuhnya.(*)

Penulis: edwardi
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved