Breaking News

Kasus Home Stay Fair Muntok, Vonis Abang Faizal Diperberat

Putusan MA jauh lebih tinggi dari putusan Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang

Kasus Home Stay Fair Muntok, Vonis Abang Faizal Diperberat
ist
Abang Faisal saat digiring dan dititipkan ke Lapas Tuatunu usai dieksekusi pidsus Kejari Babar, Sabtu (3/2/2018)

Laporan Wartawan Bangka Pos, Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Majelis Hakim Mahkamah Agung RI telah mengubah putusan vonis pengadilan negeri Pangkalpinang terhadap terdakwa tipikor, Abang Faizal menjadi 5 tahun 6 bulan penjara. Abang Faizal terjerat hukum terkait kasus korupsi perhelatan Home Stay Fair Muntok, Bangka Barat.

Sabtu, (3/1/2018), timsus kejari sudah mengeksekusi Abang Faizal ke lapas Tuatunu Pangkalpinang.

Untuk diketahui putusan MA jauh lebih tinggi dari putusan Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang yang hanya memvonis Abang Faizal selama 2 tahun 6 bulan penjara. Begitu juga dengan putusan Pengadilan Tinggi (PT) yang sama-sama mengganjar Abang Faisal dengan vonis 2 tahun 6 bulan.

Setelah menerima putusan MA RI Nomor : 1765.K/Pid.Sus/ 2017, pihak timsus kejari telah melakukan eksekusi terhadap Abang Faizal yang dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

Dalam putusan tersebut menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Abang Faizal dengan pidana penjara selama 5 tahun dan 6 bulan dan denda sebesar Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan.

Selain itu, masih dalam isi putusan menjatuhkan hukuman tambahan membayar uang pengganti sebesar Rp 468.100.000 subsider 1 tahun dan 6 bulan penjara, dan memerintahkan supaya terdakwa ditahan.

Kasi Intel Kejari Bangka Barat Yuni Hariaman, mengatakan putusan Kasasi Mahkamah Agung (MA) ini lebih tinggi dibandingkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang yang mengganjar Abang Faisal dengan vonis 2 Tahun Enam Bulan. Begitu juga dengan putusan tinggi Pengadilan Tinggi (PT) yang sama-sama mengganjar Abang Faisal dengan vonis 2 tahun 6 bulan.

"Putusan kasasi yang memvonis terdakwa dengan pidana penjara 5 tahun 6 bulan jauh lebih tinggi dari vonis putusan Pengadilan Negeri yang memvonis terdakwa selama 2 tahun 6 bulan. Sama dengan putusan Pengadilan Tinggi (PT)," ujar Yuni mewakili Kajari Neva Sari Susanti, Sabtu (3/2/2018).

Penulis: Antoni Ramli
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved