MAN Insan Cendekia Bangka Tengah Tawarkan 4 Program Unggulan

Pengembangan kurikulum dan pembelajaran di MAN ICB mengacu pada standar mutu di atas standar nasional pendidikan dan berbasis keunggulan lokal

MAN Insan Cendekia Bangka Tengah Tawarkan 4 Program Unggulan
Istimewa
Kepala Sekolah, guru dan siswa MAN Insan Cendekia Bangka Tengah berfoto bersama di sela kegiatan bulan bahasa. 

BANGKA POS - Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Bangka Tengah (MAN ICB) merupakan sekolah dengan sistem pendidikan berasrama (Boarding School) MAN ICB adalah model satuan pendidikan jenjang menengah atas di bawah naungan Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia yang memadukan Pendidikan Agama Islam de­ngan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai ciri khas utamanya.

Keunggulan MAN ICB dengan sekolah lain pada umumnya adalah pertama, pengembangan kurikulum dan pembelajaran mengacu pada standar mutu di atas standar nasional pendidikan dan berbasis keunggulan lokal; kedua, dikelola berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan dukungan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkompeten; ketiga, fasilitas pembelajaran yang memadai, fasilitas kesehatan, keamanan, dan kenyamanan; keempat, peserta didik wajib tinggal di asrama yang dikelola secara profesional; dan kelima, peserta didik wajib berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab di lingkungan Madrasah.

Kepala Madrasah MAN ICB Musran, S.Ag menjelaskan bahwa, ada beberapa program unggulan yang dikembangkan di MAN ICB diantaranya.

Pertama, program tahfidz Qur`an dan pembinaan keagamaan di asrama. Kedua, program penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Ketiga, program studi kolaboratif. Keempat, program pengabdian masyarakat. Keempat program inilah yang menjadi program unggulan di MAN ICB.

“Ada empat program unggulan yang kita kembangkan di MAN ICB, yaitu tahfidz Qur`an dan pembinaan keagamaan di asrama, KTI, studi kolaboratif, dan pengabdian masyarakat. Dari program unggulan tersebut kita jadikan sebagai acuan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) tambahan kita,” jelas Musran.

Gedung Kelas MAN Insan Cendekia Bangka Tengah
Gedung Kelas MAN Insan Cendekia Bangka Tengah (Istimewa)

Musran menambahkan, sistem pendidikan di MAN ICB berorientasi pada pemenuhan kompetensi di perguruan tinggi. Sehingga siswa yang lulus dari MAN ICB dapat lebih siap kuliah.

Selain itu, MAN ICB juga memproyeksikan lulusannya dapat diterima di perguruan tinggi negeri favorit, baik di dalam maupun luar negeri.

“Lulusan MAN ICB kita arahkan pada pemenuhan kompetensi di perguruan tinggi, makanya di sini kita kembangkan KTI dan program pengabdian masyarakat. Selain itu, kita juga mengadakan bimbingan intensif SBMPTN untuk kelas XII agar mereka lebih siap mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi favorit,” papar Musran.

Dari awal MAN ICB berdiri sejak 2015 lalu banyak mendapat dukungan baik dari Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama maupun Pemerintah Daerah.

Dukungan ini tentunya menjadi modal bagi MAN ICB untuk terus komitmen mengembangkan sistem pendidikan bermutu. Hj. Armi Rosdah, M.Pd.I selaku Kabid Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Bangka Belitung menyatakan komitmennya dalam mendukung MAN ICB.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved