Babel Persiapkan Diri Menjadi Provinsi Layak Anak

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sedang mengupayakan untuk menjadi provinsi layak anak (provila).

Babel Persiapkan Diri Menjadi Provinsi Layak Anak
Bangka Pos / Krisyanidayati
Rakor Persiapan menjadi Provinsi Layak Anak di Ruang Rapat Tanjung Pesona, Selasa (6/2). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sedang mengupayakan untuk menjadi provinsi layak anak (provila).

Berbagai upaya sudah mulai dilakukan dengan menggelar rapat koordinasi bersama kabupaten/kota di ruang rapat Tanjung Pesona, Selasa (6/2/2018).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Susanti mengatakan untuk menjadi provinsi layak anak minimal 80 persen kabupaten/kota sudah ditetapkan sebagai kabupaten layak anak.

Sedangkan untuk Babel saat ini baru kabupaten Bangka Tengah yang sudah ditetapkan sebagai kota layak anak.

"Di Babel baru Bangka Tengah yang ditetapkan sebagai kota layak anak ini juga baru pratama, sedangkan kabupaten lainnya seperti Babar dan Pangkalpinang baru deklarasi kota layak anak. Untuk Beltim, Bangka, dan Belitung tahun ini didorong untuk deklarasi kota layak anak," katanya usai memimpin rakor persiapan Provinsi Layak Ansk, Selasa (6/2/2018).

Ia menyebutkan pihaknya terus mendorong Kabuapten/kota untuk menjadi kota layak anak. Sehingga bisa mempercepat untuk menjadi Provinsi layak anak.

"Rakor ini kita sinergi dan koordinasi dengan kabupaten/kota persiapaan untuk menuju provinsi layak anak. Ini pengintegrasian komitmen dalam membangun perlindungan anak di Babel yang terdiri dari empat pilar, pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan media," tambahnya.

Lanjutnya, untuk menjadi Provinsi layak bukan hanya sekedar predikat, namun juga harus mampu memenuhi untuk memberikan perlindungan hak anak, seperti hak hidup, hak tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi.

"Fasilitas untuk mewujudkannya juga harus diperhatikan dan dipenuhi, misalnya kawasan layak anak, puskesmas dan rumah sakit layak anak, kemudian pendidikan, dan lainnya yang memang ramah anak," katanya.(*)

Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved