Serunya, Ketika Murid TK Budi Mulia Belajar Tugas Pemadam Kebakaran

Menggunakan tiga mobil damkar yang dijaga para petugas dan guru-guru, mereka kemudian berangkat menuju

Serunya, Ketika Murid TK Budi Mulia Belajar Tugas Pemadam Kebakaran
Bangkapos/El Tjandring
Anak-anak TK Budi Mulia Pangkalpinang mencoba menyemprotkan air menggunakan selang pemadam kebakaran, di kawasan Tampuk Pinang Pura, Kamis (8/2) siang. 

Laporan wartawan Bangka Pos, El Tjandring

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Lebih dari seratus anak-anak dari Taman Kanak-kanak (TK) Budi Mulia Pangkalpinang begitu antusias begitu diajak naik ke punggung tangki mobil pemadam kebakaran (Damkar) di kawasan kantor Wali Kota Pangkalpinang, Kamis (8/2) pagi.

Menggunakan tiga mobil damkar yang dijaga para petugas dan guru-guru, mereka kemudian berangkat menuju kawasan Tampuk Pinang Pura.

Di sana mereka diajarkan untuk mengenal tugas-tugas anggota pemadam kebakaran dan peralatan yang digunakan dalam bertugas. 

"PDL? Apa itu PDL?" celetuk seorang anak menyanggah begitu petugas damkar bernama Mjs Bahjri memperkenalkan jenis pakaian yang wajib dikenakan setiap anggota dalam bertugas. 

"PDL itu pakaian dinas lapangan. Semua petugas lapangan yang siaga wajib memakai. Ada juga yang kuning dan oranye ini yang mirip badut dan astronot. Ini pakaian anti api," kata Bahjri menerangkan sembari meminta teman-temannya yang sudah siap dengan Berbagai kostum maju ke depan.

Bahjri juga menceritakan bahwa tugas pemadam kebakaran tidak lagi sekadar memadamkan api ketika ada kebakaran.

Tapi setiap anggota damkar juga harus siap memberi pertolongan jika terjadi situasi darurat selain kebakaran.

"Contohnya seperti ada orang terjebak dalam sumur, atau di atas gedung, begitu juga ada ular masuk rumah, bisa panggil kami. Kami siap memberikan pertolongan," ujar Bahjri. 

Di akhir sesi itu Bahjri memberikan kesempatan kepada enam orang anak yang dapat menjawab dengan tepat peralatan yang dimiliki pemadam kebakaran untuk mencoba menggunakan alat-alat itu. 

Viska Siregar, guru yang memimpin rombongan TK Budi Mulia mengungkapkan tujuan melakukan studi tour ke pemadam kebakaran untuk memperkenalkan tugas-tugas dan peralatan yang digunakan petugas Damkar

"Ternyata ada hal baru yang juga baru kami ketahui tentang petugas kebakaran yakni juga memberikan pertolongan darurat. Tidak lagi hanya memadamkan api," ujar Viska.(*)

Penulis: El Tjandring
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved